KESEHATAN

Cara Aman Terima Paket saat Pandemi

Belanja online jadi solusi, untuk kesehatan tak boleh kompromi.

Selama masa pandemi ini, menjaga jarak dan tetap berada di rumah selalu jadi prioritas yang perlu dilakukan dalam keseharian kita. Hal ini tentu banyak mengubah kebiasaan kita dalam beraktivitas, termasuk dalam berbelanja. 

 

Saat ini, berbelanja online jadi pilihan sebagian besar masyarakat. Alih-alih harus pergi ke mall dan melakukan kontak dengan banyak orang, lebih baik beli dari rumah dan menunggu paket datang dikirimkan ke rumah. 

 

Meski begitu, kebersihan dan keamanan saat menerima paket harus ekstra diperhatikan demi mencegah penularan virus Corona. 

 

Apa saja yang kira-kira perlu kita lakukan dalam menerima paket dengan aman di masa pandemi ini? Coba simak beberapa hal di bawah ini ya



1. Terima paket tanpa kontak fisik dengan kurir

 

Sebisa mungkin kita tidak melakukan kontak langsung dengan kurir pengirim paket. Cara ini demi keamanan kita dan juga petugas pengirim paket, supaya tidak ada kontak fisik yang berisiko penularan virus corona. Salah satu caranya, kita bisa meminta petugas pengirim meletakkan paket di depan pintu atau pagar. Bisa juga paket kita bungkus plastik, lalu digantungkan di pagar atau pintu rumah. Jangan lupa berkomunikasi dengan petugas pengirim paketnya ya.



2. Buka paket di luar rumah

 

Jika kita mendapat kiriman, sebaiknya paket langsung dibuka di luar rumah. Dengan begini kondisi dalam rumah tetap terjaga dari risiko terpapar virus corona. Jika di rumah ada stok sarung tangan, paket bisa dibuka menggunakan sarung tangan. Tindakan itu lebih aman dalam pencegahan penyebaran virus corona. 



3. Buang bungkus paket di luar rumah

 

Setelah paket dibuka, sebaiknya bungkus paket langsung dibuang ke tempat sampah di luar rumah. Hal ini lebih aman untuk kita sekeluarga di rumah.  



4. Semprot barang dengan cairan disinfektan

 

Jika paket yang kita terima bukan makanan, ada baiknya permukaan luar barang tersebut atau bungkus plastiknya disemprot dengan cairan disinfektan. Ini untuk meminimalisir kemungkinan kita terpapar virus yang mungkin saja menempel di bagian luar kemasan.



5. Segera cuci tangan setelah menerima paket

 

Setelah menerima dan membuka paket, segera cuci tangan dengan sabun, sebelum kita menyentuh atau memegang benda lain. Meski terdengar klise, mencuci tangan dengan sabun adalah salah satu langkah pencegahan penyebaran COVID-19 yang efektif, selain memakai masker dan menjaga jarak.

 

 

Itu dia beberapa hal yang bisa kita lakukan agar kita bisa menerima kiriman paket belanja online kita dengan aman di masa pandemi ini. Mari bersama kita putus rantai penyebaran virus ini. Stay home, stay healthy(Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

211
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.