HEWAN PELIHARAAN

Bukan Sekedar Mahal, Yuk Cari Tahu Asal Muasal dan Jenis Ikan Discus

Ikan Discus merupakan salah satu jenis ikan hias yang saat ini tengah ramai digandrungi oleh para penggemar ikan. Bukan tanpa sebab, mengapa banyak yang menyukai memelihara ikan hias yang satu ini. Yuk cari tahu lebih jauh!

Apa Itu Ikan Discus?

Ikan Discus merupakan salah satu jenis ikan hias yang sangat digemari, selain karena bentuk yang menggemaskan, warna dan corak yang dimilikinya juga sangat unik. Sebagai ikan hias air tawar, Discus menempati kedudukan sebagai “king of aquarium” karena termasuk jenis ikan hias air tawar dengan penggemar terbanyak.

Ciri khas dari ikan Discus adalah bentuknya yang bulat pipih layaknya sebuah cakram. Habitat asli ikan Discus adalah perairan yang cenderung tenang serta dangkal di wilayah pedalaman Amazon, Brazil. Secara perilaku, ikan Discus merupakan tipe pendiam dan tidak agresif, karena itu tetap aman meski digabungkan dengan jenis ikan hias yang berbeda lainnya di dalam satu akuarium. 

Asal Muasal Ikan Discus

Mengapa dinamai Discus? Pemberian nama ini berdasarkan kepada bentuknya yang pipih seperti sebuah piringan saat ditegakkan. Ikan Discus ditemukan pertama kali oleh Dr. Johan Jacob Heckel tahun 1840 di kota Manaus, Brazil. Ikan tersebut lantas diberi nama Heckel Discus. Ikan ini berkembang biak di musim penghujan pada habitat aslinya, di antara Desember hingga Januari. Saat tingkat kesadahan air sungai lebih lunak dan kadar pH air cenderung asam.


Kemudian di tahun 1904, oleh Pellegrin kembali ditemukan jenis Discus lainya yaitu Discus hijau, tepatnya di danau Tefe dan Teruvian, wilayah Amazonia. Selanjutnya, pada 1960 di kota Manaus, Brazil, Schultz menemukan 2 sub spesies Discus yaitu Blue Discus dan Brown Discus.

Jenis-jenis Ikan Discus

Ada banyak jenis ikan Discus yang beredar di pasaran. Sebagian merupakan jenis ikan alam asli, sementara ada juga sebagian yang lain merupakan jenis yang dibudidayakan melalui hasil persilangan. Di bawah ini, beberapa jenis ikan Discus alam, yaitu:
 

  1. Heckel Discus

    Heckel Discus merupakan jenis ikan Discus pertama yang berasal dari kota Manaus (Rio Nero) di Brazil. Ikan jenis ini mempunyai karakteristik unik dengan corak 3 garis vertikal yang melewati bagian mata dan garis lainnya berada di tengah. Sementara sebuah garis unik yang membentang pada pangkal ekor juga menjadi ciri khas utamanya. Budi daya Heckel Discus dinilai cukup sulit, mengingat jenis yang satu ini membutuhkan kondisi air dengan suhu cenderung hangat sekitar 30 °C – 32 °C, dengan keasaman pH antara 4,5 hingga 5,5 dan tingkat kesadahan rendah yaitu <1º DH.


     
  2. Blue Discus

    Ikan dari jenis Blue Discus ini habitat aslinya juga berasal dari kota di sekitar Manaus. Karakteristik dan ciri khas yang paling mencolok dari ikan Discus ini adalah corak garis birunya yang membentang panjang.
     
  3. Green Discus

    Jenis ikan Discus yang satu ini habitat aslinya berada di sungai Putumayo, Peru dan danau Tefe, pulau Tefe, karena itu dinamai Tefe Green Discus. Ciri khas dan karakteristik yang paling kentara dari ikan jenis ini adalah warna hijau yang tampil kontras dengan pola bercak-bercak merah di sebagian badan tubuhnya.
     
  4. Brown Discus

    Kota Belem di muara sungai Amazon merupakan habitat asli dari jenis ikan Brown Discus ini. Selain karena tubuhnya yang memiliki variasi warna coklat muda hingga coklat tua, ciri khas dan kerakteristik unik lainnya adalan gurat berwarna putih pada bagian kepala serta siripnya.
     

Kenapa Ikan Discus Mahal?

Soal harga? Jangan ditanya! Satu ekor ikan Discus ada yang sampai dibanderol belasan juta Rupiah. Namun kisaran harga ini bukan sekedar tren mahal-mahalan. Kenapa ikan Discus menjadi salah satu ikan hias yang tergolong memiliki harga jual-beli yang mahal? Berikut ini adalah beberapa alasan yang menjadikan ikan Discus berharga fantastis :
 

  • Proses perawatan dan budidaya yang sulit

    Proses perawatan dan budidaya yang sulit ini merupakan faktor pertama yang disebut sebagai alasan mengapa harga ikan Discus bisa selangit. Dalam melakukan perawatan untuk ikan Discus, bukan hanya memikirkan pakannya, tetapi juga habitatnya sebisa mungkin mirip dengan tempat tinggal aslinya. Jika tidak sesuai, maka akan sangat rentan untuk keberlangsungan ikan ini. Meski demikian, melalui perawatan yang baik, memelihara ikan ini dapat memberikan keuntungan dan nilai yang lebih lho. Harga jual ikan ini mulai puluhan ribu hingga belasan juta Rupiah.
     
  • Karakteristik dan ciri khas yang unik

    Mungkin hanya para penggemar ikan hias terutama ikan Discus yang paling bisa mengerti mengapa ikan ini berharga. Karena bukan sekedar karakteristik tubuhnya yang pipih seperti piringan yang tegak, atau corak warna kontras yang menggurat di sepanjang tubuhnya, tetapi juga gerak-gerik dan perilaku ikan Discus yang cenderung anggun, berenang dengan tenang, bersahabat dan unik. Kolaborasi aneka keunikan yang sulit dideskripsikan ini membuat para menggemar makin “menggila” bahkan hingga rela merogoh kocek untuk mendapatkan ikan Discus dengan karakter tertentu sesuai yang dinginkannya. Belum lagi jika ikan tersebut merupakan pemenang sebuah kontes atau lomba ikan hias, pasti harganya akan menjadi lebih melambung. 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

128
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.