KULINER

Bingung Berbuka Puasa Dengan Apa? Berikut Daftar Menu Berbuka Puasa yang Bervariasi dan Lezat!

Saat bulan Ramadhan tiba, hampir 13 hingga 14 jam umat Muslim di Indonesia menahan rasa lapar dan dahaga. Tentunya, momen yang ditunggu-tunggu adalah berbuka puasa. Berikut MinKi sudah merangkum menu berbuka puasa sederhana tetapi lezat untuk disantap!

Sudah menjadi kewajiban umat Muslim di seluruh dunia untuk melaksanakan ibada puasa. Pastinya, momen yang ditunggu-tunggu adalah berbuka puasa. Urusan dapur pun menjadi hal yang penting untuk dipikirkan selama bulan Ramadhan, Teman MinKi!

 

Ada kalanya kita tidak ada waktu untuk mempersiapkan menu untuk berbuka puasa. Banyak hal yang menghambat kita untuk persiapkan menu berbuka, seperti terlalu banyak memikirkan menu apa yang ingin dibuat. Tetapi, yang terpenting adalah berbuka puasa dengan menu yang lezat, bergizi, dan sederhana. 

 

Untuk urusan dapur, Teman MinKi bisa atasi dengan cara membuat beberapa list menu untuk dihidangkan selama bulan Ramadhan. Nah, tenang aja MinKi sudah menyiapkan beberapa menu yang bervariasi dan lezat untuk berbuka puasa, yuk simak selengkapnya!

 

Daftar Menu Berbuka Puasa

 

1. Kurma

Buah kurma adalah hindangan pembuka dan penutup, tidak heran ketika bulan Ramadhan tiba buah kurma menjadi primadona di pusat perbelanjaan. Selain itu, mengkonsumsi buah kurma baik bagi tubuh dan sunnah dalam agama Islam.

 

Dikutip dari webstie klikdokter, khasiat dari buah kurma antara lain bisa mencukupi kebutuhan kalori, membantu mencukupi gizi, menjaga kesehatan mata dan kulit, menangkal radikal bebas, mencegah diabetes, serta masih banyak lagi khasiat dari buah kurma.

 

2. Nasi Goreng

Menu berikutnya adalah nasi goreng. Nasi goreng bisa dikreasikan dengan bahan makanan lainnya, seperti nasi goreng seafood, nasi goreng baso, nasi goreng sosis, nasi goreng ayam, dan masih banyak lagi nasi goreng dengan kreasi lainnya.

 

Selain itu, nasi goreng mudah dan cepat untuk disajikan. Jadi, ketika sudah dekat dengan waktu berbuka, nasi goreng menjadi salah satu pilihan menu untuk disajikan saat berbuka puasa.

 

3. Sate

Teman MinKi, bisa dengan mudah menemukan warung sate di pinggiran jalan. Menu ini adalah salah satu yang favorit untuk disajikan saat berbuka puasa. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis sate, mulai dari sate ayam, sate kambing, sate Tegal, sate Padang, sate Madura, dan masih banyak lagi jenis sate lainnya. Perpaduan antara daging dan kulit dicampur dengan bumbu kacang membuat rasa sate semakin enak untuk disantap, yang membuat menu sate ini menjadi pilihan untuk berbuka puasa.

 

4. Ayam Teriyaki

Jika ingin mencoba menu yang berbeda, menu ayam teriyaki ini bisa menjadi pilihan untuk disajikan saat berbuka puasa. Ayam teriyaki adalah resep makanan menggunakan bumbu teriyaki khas Jepang. Sedikit tips ketika memasak ayam teriyaki, gunakan api yang kecil supaya ayam tidak cepat gosong dan ayam bisa matang dengan sempurna hingga bagian dalam.

 

5. Sayur Asem

Salah satu menu untuk berbuka puasa lainnya adalah sayur asem. Menu ini sangat cocok untuk berbuka puasa karena identik dengan aneka jenis sayur seperti bayam, kacang tanah, kacang panjang atau jagung manis.

 

6. Nasi Lemak

Ketika Teman MinKi berpergian ke Malaysia dalam suasana bulan Ramadhan, kamu bisa dengan mudah menemukan menu nasi lemak ini. Nasi lemak di Malaysia adalah salah satu menu untuk berbuka puasa bagi umat Muslim di sana.

 

Aromnya yang wangi, membuat nasi lemak sangat menggugah selera untuk disantap saat berbuka puasa. Nasi lemak dimasak dengan santan dan daun pandan serta terdapat telur rebus, ayam goreng, kacang goreng, dan sambal, mirip dengan nasi uduk yang ada di Indonesia.

 

7. Samosa

Di Indonesia memiliki berbagai macam gorengan, tetapi di Pakistan mempunyai menu yang bernama samosa. Sama dengan gorengan, samosa memiliki tekstur kulit yang garing dan isiannya yang beragam seperti daging ayam, kambing, dan sapi. Cocok untuk pembuka atau penutup hidangan saat berbuka puasa nih, Teman MinKi.

 

8. Salad Buah

Masuk ke dalam hidangan penutup, salad buah sangat cocok dihidangkan saat setelah berbuka puasa. Jenis buah-buahannya pun beragam, sesuai dengan kesukaan kamu. Sebagai hidangan penutup, tentunya salad buah dapat memberikan rasa manis dan segar.

 

9. Sop Buah

Menu terakhir yang tidak boleh dilewatkan saat berbuka puasa adalah sop buah. Saat bulan Ramadhan tiba, sop buah menjadi salah satu hidangan yang wajib saat berbuka. Sop buah sangat cocok untuk hidangan penutup. Terdiri dari buah-buahan ditambah dengan susu dan sirup, menjadikan sop buah ini terasa manis. 

 

Berikut menu-menu untuk berbuka puasa yang bisa dijadikan refrensi kamu, Teman MinKi! Jadi, sudah kepikiran mau berbuka dengan menu apa hari ini, Teman MinKi?

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

97
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.