PSIKOLOGI

Berkenalan dengan Growth Mindset

Growth mindset konon merupakan salah satu kunci kesuksesan karir seseorang saat ini. Tapi, apa sih growth mindset itu?

Teman Kelaskita pernah mendengar mengenai istilah growth mindset?

 

Untuk yang belum tau, growth mindset adalah pola pikir yang meyakini bahwa kemampuan dasar yang dimiliki setiap individu selalu dapat dikembangkan. Pengembangan bakat ini bisa dilakukan dengan berbagai cara misalnya dengan kerja keras, dedikasi, menggunakan strategi yang tepat saat bekerja, hingga mendengarkan masukan dari orang lain.

 

Bagi pemilik growth mindset, mereka biasanya akan berpikir bahwa bakat yang dimilikinya sejak lahir hanyalah sebuah permulaan. Jadi, bakat tersebut tidak akan menjadi patokan kesuksesannya.

 

Mereka akan selalu belajar demi mendapatkan banyak keterampilan baru yang akan membantunya mendapatkan kesuksesan dalam karier.

 

Salah satu hal menarik dari pemilik growth mindset adalah mereka tidak akan takut gagal. Bahkan, kegagalan sering disebut sebagai hambatan menuju kesuksesan yang harus ditaklukan.

 

Dr Carol S Dweck, profesor di bidang psikologi dari Stanford University menyatakan bahwa kesuksesan tidak hanya dipengaruhi oleh kemampuan dan bakat, tetapi juga oleh pola pikir kita. Pola pikir atau mindset, menurut Dweck, adalah persepsi diri atau self-theory yang diyakini seseorang tentang dirinya sendiri.

 

“Pola pikir dapat mengubah aspek psikologis, dan akhirnya mengubah hidup seseorang. Growth mindset ini adalah salah satu kunci untuk mendapatkan suatu kesuksesan,” katanya.

 

So, siapa di sini yang sudah menerapkan growth mindset dalam hidupnya? (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

307
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.