TEKNIK INFORMASI

Berkenalan dengan Back End Developer

Apa itu back end developer? Seperti apa tugas dan tanggung jawab seorang back end developer?

Saat ini, profesi Back End Developer banyak dibutuhkan hampir di seluruh bidang dan industri. Apalagi di era saat ini, di mana teknologi terus berkembang dan proses bisnis berlangsung secara digital via internet. Oleh karena itu, tidak heran kalau profesi back end developer ini jadi salah satu yang banyak dicari oleh berbagai perusahaan.

 

Tapi sebenarnya apa sih back end developer ini? Secara sederhana, back end developer adalah profesi yang bertanggung jawab mengelola website dari sisi server dan memastikan kinerja website tersebut berjalan dengan baik. Hal ini meliputi segala proses yang berkaitan dengan pertukaran data dari browser ke server, mengatur keamanan website serta merancang dan membuat struktur database agar performa server menjadi lebih ringan.

 

Apa saja kira-kira tugas dan tanggung jawab dari back end developer ini? Berikut beberapa di antaranya:

 

1. Mendesain dan merencanakan flow website

Back end developer bertugas mendesain alur website dari awal hingga akhir, yang bertujuan membuatpengunjung website memiliki user experience yang baik saat berselancar di website tersebut.

 

2. Mengelola model data

Seorang back end developer juga bertugas untuk merancang dan mengelola struktur model data agar memudahkan proses pengembangan suatu aplikasi.

 

3. Membangun sistem keamanan

Dalam membangun aplikasi berbasis web maupun mobile, jaminan keamanan user adalah suatu keharusan. Oleh karena itu, seorang back end developer wajib memahami segala jenis teknik peretasan seperti phising dan deface, dengan demikian Back End Developer akan mengimplementasikan solusi yang tepat untuk membangun sistem keamanan aplikasi tersebut.

 

4. Memperbaiki error

Dalam sebuah aplikasi sering ditemukan berbagai masalah atau bug yang menimbulkan error. Dalam kaitan dengan hal ini, back end developer bertanggung jawab untuk mencari dan memperbaikin permasalahan ini.

 

 

Itu dia beberapa tugas dan tanggung jawab back end developer. Untuk menjadi seorang developer yang baik,tentu diperlukan kemampuan coding dan logika yang cakap serta menguasai bahasa pemrograman yang tepat. Selain itu, memiliki kemampuan non teknis seperti analytical thinking, problem solving hingga kemampuan berkomunikasi yang mumpuni juga akan menjadi nilai tambah.

 

So, Teman KelasKita ada tertarik menjadi back end developer? Fyi, gajinya lumayan besar lho.. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

55
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.