LAINNYA

Apa yang Dimaksud Passion? Biar Nggak Bingung, Yuk Cari Tahu Di Sini!

Passion adalah hal yang seringkali dijadikan alasan untuk mencapai sebuah impian. Hampir di setiap lini kehidupan, bukan hanya di dunia pendidikan bahkan hingga memasuki ranah pekerjaan. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan passion? Yuk cari tahu!

Passion adalah

Passion menjadi materi bahasan yang menarik untuk didiskusikan pada banyak forum komunikasi sosial. Tahukah kamu, apa yang dimaksud passion? Dari banyak definisi tentang passion, mari kita ulas satu persatu. Secara garis besar passion adalah rasa ingin atau gairah dari dalam diri untuk melakukan sesuatu yang disenangi dan memberikan motivasi serta antusiasme tersendiri saat melakukannya. Misalnya passion dalam bidang musik, olahraga dan sebagainya. Seringkali, passion muncul sebagai latar belakang atau alasan seseorang dalam melakukan sesuatu. Karena passion diartikan sebagai kegemaran, gairah, keinginan yang besar, semangat, emosi, kemarahan, dan kecemasan, yang meliputi hampir seluruh kehidupan seseorang. Berikut rangkuman definisi passion menurut beberapa sumber:
 

  1. Vallerand serta Houlfard
    Passion adalah sebuah kecenderungan kuat ketika menghadapin aktivitas tertentu yang disenangi. 
     
  2. Covey
    Passion merupakan keinginan membara, disertai keyakinan yang kuat dan dorongan dalam diri seseorang yang dapat membuat orang tersebut menjadi lebih disiplin dalam menggapai tujuannya.
     
  3. Pertula
    Passion dikaitkan dengan kondisi psikologis seseorang yang dapat dikenali dengan menghadirkan emosi positif yang kuat dan dorongan dari dalam diri serta keterlibatan secara intens terhadap sebuah kegiatan yang memiliki makna mendalam bagi orang tersebut.
     
  4. Gani dan Priambodo
    Dalam buku Wining with Passion disebutkan bahwa passion merupakan hasrat atau gairah yang timbul dengan kuat apabila seorang individu percaya bahwa ia akan mendapatkan hasil akhir yang menyenangkan. Opini tentang passion ini juga diterjemahkan sebagai state of mind seseorang bahwa jika orang tersebut tidak memiliki harapan maka segala gairah tersebut juga akan musnah.
     
  5. dictionary.com
    Dalam laman dictionary.com, arti passion antara lain: emosi atau perasaan yang kuat atau memaksa, seperti cinta atau benci. Bisa juga sebagai perasaan atau keinginan asmara yang kuat; cinta; kasih sayang. hasrat seksual yang kuat; nafsu. Intinya, passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan suatu hal dan dilakukan secara antusias. Passion bisa berarti motivasi yang bertemu dengan emosi dan keduanya memiliki kekuatan yang sama.
     

Dalam laman dictionary.com, arti passion antara lain: emosi atau perasaan yang kuat atau memaksa, seperti cinta atau benci. Bisa juga sebagai perasaan atau keinginan asmara yang kuat; cinta; kasih sayang. hasrat seksual yang kuat; nafsu. Intinya, passion adalah keinginan seseorang untuk melakukan suatu hal dan dilakukan secara antusias. Passion bisa berarti motivasi yang bertemu dengan emosi dan keduanya memiliki kekuatan yang sama.

Tipe-tipe Passion

Professor J Vallerand membagi tipe passion ke dalam dua sub berikut yaitu, passion obsesi dan harmoni. 
 

  1. Passion Obsesi
    Passion obsesi merupakan passion dengan faktor luar atau eksternal yang menjadi dasar dan dorongan untuk kegiatan yang kamu lakukan. Passion ini membuat kamu seolah “terpaksa” melakukan sesuatu, bukan karena kamu menyenangi dan happy saat mengerjakannya, tetapi lebih karena tuntutan atau kewajiban tertentu. Misalnya, motivasi untuk bekerja adalah mendapatkan gaji untuk nafkah keluarga. 
     
  2. Passion harmoni
    Bila passion obsesi memberikan dorongan “paksa” untuk melakukan suatu hal dan kamu bergerak layaknya “robot” yang diprogram untuk aktivitas tersebut, maka berbeda dengan passion harmoni ini. Harmonisasi antara keinginan, hasrat dan kesenangan menjadi satu saat kamu melakukan kegiatan tersebut. Intinya, kamu senang dan merasa bahagia karena hal tersebut adalah hal yang kamu inginkan. Alangkah berbahagianya seseorang yang menjadikan hal yang disukainya sebagai pekerjaan sehari-hari. Ini tentu menjadi motivasi yang akan membuat kamu selalu bersemangat dalam bekerja. Mengerjakan sesuatu sesuai passion juga memberikan keuntungan, karena goals yang dicapai menjadi lebih jelas.
     

Menemukan passion dan bakat terpendam

Passion menjadi kata yang dikaitkan erat dengan bakat dan pengembangan diri. Bagaimana menemukan passion dan bakat terpendam itu? Dalam menemukannya, bukan hanya tentang apa yang digemari dan apa yang membuat kamu tertarik ke dalamnya. Tetapi juga tentang sejauh mana kekuatan passion itu muncul sebagai basis dari apa yang sedang dilakukan. 

Coba telusuri hal-hal ini jika kamu ingin menemukan passion dan bakat terpendam, yaitu:
 

  1. Kenali apa yang membuat kamu bahagia
    Saat kamu melakukan sesuatu, cobalah untuk memahami apakah aktivitas tersebut memberikan rasa bahagia dalam diri kamu. Apabila hal-hal itu membuat kamu senang, menjadi bersemangat dan kamu menikmatinya, bisa jadi itu passion kamu.
     
  2. Cari tahu kelebihan kamu
    Jangan pesimis dan menganggap diri sendiri lebih rendah dari orang lain. Kamu pastiinya memiliki kelebihan yang bisa jadi lebih baik dari orang-orang di sekitar kamu. Carilah apa yang menjadi kelebihan kamu dan temukan bakatmu. Kamu yang paling mengetahui kekuatan kelebihan dan kekurangan dalam dirimu. Catatlah kelebihan dan kekurangan kamu itu. Eksplorasi lebih dalam lagi dan jadikan sebagai motivasi untuk lebih maju.
     
  3. Mengingat kembali memori masa anak-anak
    Mari selami memori terdalam yang ada bisa kamu ingat. Buka kembali peristiwa-peristiwa penting yang terjadi semasa kamu kecil dulu. Barangkali dari situ kamu bisa temukan, hal-hal apa saja yang pernah kamu lakukan dan kamu menyenangi hal tersebut. Tak ada salahnya untuk memulai kembali untuk mewujudkan impian masa kanak-kanak dulu.
     
  4. Cari passion baru
    Sebagian dari kamu mungkin sudah lebih dulu mengetahui apa yang menjadi passion kamu. Namun, tak ada salahnya untuk mencoba mencari kegiatan baru dan berbeda, untuk selanjutnya mencari tahu apakan kegiatan itu cocok untuk kamu dan menjadi passion kamu yang baru.
     
  5. Evaluasi apa yang sedang dikerjakan
    Jangan lupa untuk melakukan evaluasi setiap kali kamu melakukan sesuatu. Mari refleksikan kembali apakah apa yang sedang atau sudah kamu kerjakan adalah passion kamu selama ini. Apakah hal tersebut membuat kamu senang dan nyaman dalam mengerjakannya?
     

Sejatinya passion adalah rasa yang tidak bisa dipaksakan karena lahir dari keinginan dalam diri seseorang terhadap sesuatu yang disukai dan membuat bahagia. Rasa bahagia ini yang menjadi “anastesi” dari rasa lelah dan kebosanan dalam melakukannya. Bagi kamu yang memiliki passion dibidang fotografi, kami dapat belajar wedding photography di KelasKita ya!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

49
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.