OLAHRAGA

8 Manfaat Melakukan Yoga

Yoga itu baik untuk kesehatan fisik dan mental lho, Teman Kelaskita.

Yoga punya banyak banget manfaat bagi kesehatan kita. Awalnya dikenal sebagai olahraga meditasi, tapi dalam perjalanannya yoga juga dilakukan untuk berolahraga membakar kalori tubuh. Jadi bisa dibilang, yoga ini baik untuk menjaga kesehatan fisik dan mental kita.

 

Nah, apa saja sih manfaat yoga? Coba disimak ya, Teman Kelaskita.

 

1. Meningkatkan kekuatan dan keseimbangan 

Gerakan dan pernapasan dalam yoga bisa meningkatkan aliran darah dan menguatkan otot. Itu sebabnya, manfaat yoga sangat baik untuk meningkatkan kekuatan dan keseimbangan tubuh.  

 

2. Meredakan nyeri punggung 

Manfaat yoga sama baiknya dengan peregangan dasar untuk mengurangi rasa sakit pada orang dengan nyeri punggung bawah. American College of Physicians merekomendasikan yoga sebagai pengobatan untuk nyeri punggung bawah kronis. 

 

3. Meredakan gejala radang sendi 

Yoga telah terbukti dapat meringankan beberapa ketidaknyamanan sendi bagi penderita radang sendi. 

 

4. Bermanfaat bagi kesehatan jantung 

Latihan yoga secara teratur dapat menurunkan tekanan darah tinggi dan kelebihan berat badan, yang otomatis berkontribusi pada jantung yang lebih sehat. 

 

5. Meningkatkan kualitas tidur

Penelitian menunjukkan bahwa rutin melakukan yoga sebelum tidur dapat membantu kita tidur lebih nyenyak.  

 

6. Meningkatkan energi dan suasana hati

Kita bisa merasakan peningkatan energi mental dan fisik, peningkatan kewaspadaan, dan mengurangiperasaan negatif setelah melakukan rutinitas yoga. 

 

7. Membantu mengelola stres 

Menurut National Institutes of Health, yoga dapat mendukung manajemen stres, kesehatan mental, pola makan sehat, penurunan berat badan, dan kualitas tidur. 

 

8. Perawatan diri 

Sejumlah penelitian menunjukkan manfaat yoga terhadap arthritis, osteopenia, keseimbangan, onkologi, kesehatan wanita, nyeri kronis, dan masalah kesehatan lainnya.

 

Itu dia beberapa manfaat yoga yang bisa kita rasakan untuk kesehatan fisik dan mental kita. Bukan cuma itu, masih banyak kebaikan lain dari yoga ini. Salah satunya bisa untuk meredakan penyakit asam lambung lho.

 

Kalau penasaran, kamu bisa coba mengikuti beberapa kelas yoga dari Maya Nabila di Kelaskita. Ada kelas “Yoga untuk Asam Lambung”, “Yoga For Slimming”, dan “Yoga for Healing” yang bisa kamu ikuti. 

 

Selamat berlatih! (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

382
2
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.