LAINNYA

8 Jurusan Pendidikan Dengan Gaji Tertinggi

Jurusan pendidikan merupakan salah satu pilihan yang menarik bagi banyak orang untuk menunjang masa depan. Berikut ini adalah beberapa jurusan pendidikan dengan gaji tertinggi di Indonesia

Jurusan pendidikan merupakan salah satu pilihan karier yang menarik bagi banyak orang. Selain memiliki tujuan yang mulia, yaitu mencetak generasi penerus yang cerdas dan berkualitas, profesi sebagai pendidik juga dapat memberikan gaji yang cukup tinggi bagi para profesionalnya. Berikut ini adalah beberapa jurusan pendidikan dengan gaji tertinggi di Indonesia:
 

Jurusan pendidikan dengan gaji tertinggi

Banyak sekali orang yang menganggap remeh gaji seorang guru. Pada masa awal bekerja, memang angka secara nominal gaji bisa digolongkan rendah. Namun, ada beberapa jurusan pendidikan yang menawarkan gaji yang tinggi karena sedikit orang yang berminat dan juga tingkat kesulitannya yang tinggi. 

 

  1. Pendidikan Luar Biasa

    Pendidikan Luar Biasa mengajar bayi, anak-anak, dan remaja dengan cacat mental, emosional, atau fisik. Guru Pendidikan Luar Biasa akan mengajar di Sekolah Luar Biasa, yakni sekolah yang dipeuntukkan bagi siswa yang memiliki kebutuhan khusus. Sekolah luar biasa mengajarkan anak mengenai berbagai keterampilan dan kemampuan dasar agar bisa mengikuti kurikulum pendidikan di sekolah umum.

     
  2. Bimbingan Konseling

    Guru Bimbingan Konseling dimi,iki oleh setiap sekolah untuk menangani kasus pada lingkungan sekolah, terutama yang melibatkan siswa dan siswa. Guru BK akan memantau sekolah dan memastikan perilaku siswa agar bisa berperilaku baik sesuai dengan visi dan misi pendidikan nasional.

    Fungsi guru BK adalah memberikan pemahaman mengenai lingkungan sekolah, dan juga informasi terkait arah karir siswa ke depannya. Tidak hanya itu, guru BK juga memberi pencegahan, menyelesaikan dan menuntaskan permasalahan yang terjadi di sekolah. 

     
  3. Olahraga

    Ada salah satu jurusan pendidikan dengan gaji tertinggi yang bisa kamu pertimbangkan. Kamu bisa menjadi sehat, dan juga menyehatkan orang lain, yakni guru olahraga. Kamu akan mengajarkan beraneka macam olahraga dan biasanya akan membimbung ekstrakurikuler terkait olahraga. Kamu akan memandu murid dalam berbagai olahraga seperti atletik, permainan bola, dan berenang. Bahkan, ada pemaparan tentang cara pertolongan pertama saat cedera. Guru olahraga juga berperan membuat murid mencintai olahraga dan mengerti konsep pembentukan tubuh yang sehat.

     
  4. Pendidikan Bahasa Inggris

    Bahasa Inggris adalah bahasa yang wajib dikuasai oleh warga dunia supaya bisa berinteraksi satu sama lain. Rasanya terlalu ribet bila kamu harus mempelajari bahasa nasional seluruh negara di dunia, membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Dengan mengambil Pendidikan Bahasa Inggris, kamu sudah memiliki bekal untuk berkomunikasi dengan orang asing. Selain menjadi guru Bahasa Inggris, kamu juga bisa menjadi penerjemah, penyunting naskah, jurnalis, dan juga bekerja di perusahaan multinasional. Bisa dibilang, kamu sudah memegang kartu as dengan mengambil jurusan pendidikan Bahasa Inggris.

     
  5. Pendidikan Fisika

    Berbicara tentang ilmu eksakta, fisika menjadi salah satu mata pelajaran yang dianggap susah. Fisika merupakan bidang ilmu yang mempelajari gejala alam tidak hidup dalam lingkup ruang dan waktu. Dengan mengambil jurusan pendidikan fisika, kamu akan mempelajari cara mengajar fisika dengan menyenangkan dengan membuat perangkat ajar yang kreatif.

    Kamu juga memiliki peluang untuk berkarir di luar dunia pendidikan seperti bekerja di industri perminyakan dan pertambangan. Kamu juga memiliki kemampuan untuk meneliti dan bisa memperkuat bagian tim kerja yang ada di research and development baik di perusahaan swasta ataupun instansi pemerintah. Kamu juga bisa menjadi analis atau software developer. Bila kamu ingin menjadi guru, kamu bisa menjadi guru les privat dan mengikuti program mengajar yang diusung pemerintah dan mencerdaskan anak-anak di seluruh Indonesia.

    Beberapa perusahaan yang melirik lulusan jurusan pendidikan Fisika adalah perusahaan energi, perusahaan minyak dan gas, BUMN, farmasi, wirausaha, asisten laboratorium, dan ilmuwan research and development. Nggak heran, pendidikan fisika termasuk jurusan pendidikan dengan gaji tertinggi.

     
  6. Pendidikan Kimia

    Mendengar kata Kimia, ada dua jurusan yang tersedia untuk dipelajari yakni Kimia Murni dan Pendidikan Kimia. Jurusan Kimia murni hanya mempelajari bidang kimia, sedangkan Pendidkkan Kimia akan mempelajari pengetahuan pedagogik, membuat kurikulum, manajemen kelas, penilaian, dan evaluasi.

    Jurusan pendidikan Kimia termasuk salah satu jurusan favorit dan disediakan oleh universitas negeri eks IKIP. Selain menjadi guru, kamu bisa melanjutkan studi S2 supaya bisa menjadi dosen dan peneliti. Kamu juga bisa bekerja sebagai quality control atau research and development karena banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan kimia.

     
  7. Pendidikan Indonesia

    Banyak yang beranggapan, sebagai orang Indonesia, untuk apa mengambil jurusan bahasa Indonesia? Padahala banyak sekali yang mendapatkan nilai yang jelek di pelajaran Bahasa Indonesia dibandingkan dengan mata pelajaran lainnya. Jurusan Bahasa Indonesia akan mempelajari seluk beluk yang berkaitan dengan Bahasa Indonesia. Kamu juga akan diajarkan ilmu kependidikan seperti manajemen pendidikan, psikologi pendidikan, dan mata kuliah lain yang akan menunjang untuk menjadi guru yang baik. Kamu bisa menjadi guru bahasa Indonesia, penulis, ahli bahasa, editor, jurnalis, penerjemah, dan profesi menarik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa menjadi guru bahasa Indonesia untuk penutur asing (BIPA).

     
  8. Pendidikan Geografi

    Ilmu Geografi mempelajari proses fisik muka bumi dan relasinya dengan proses sosial ekonomi dan budaya manusia. Kamu akan mengkaji bentuk permukaan bumi dan proses perubahannya. Kamu akan mempelajari statistik dan ekonimi ketika mempelajari tentang manusia. Kalau kamu suka berpetualang, jurusan ini menawarkan fieldwork, dan juga observasi di berbagai tempat sesuai dengan mata kuliah yang ditempuh.

    Kamu bisa bekerja sebagai akademisi baik di SMP atau SMA. Bila kamu ingin menjadi dosen, kamu harus memiliki gelar magister atau S2. Kamu juga bisa bekerja di berbagai instansi pemerintah, lembaga survei, oerusahaan, dan organisasi nirlaba yang membutuhkan ahli geografi.

     

Itulah 8 jurusan pendidikan dengan gaji tertinggi, paling tidak kamu bisa memiliki gaji minimal satu setengah kali UMR kota tempatmu bekerja. Walaupun secara titel kamu memiliki gelar Sarjana Pendidikan, bukan tidak mungkin kamu bisa berkarir di luar dunia pendidikan dengan gaji yang fantastis. 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

92
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.