PSIKOLOGI

8 Jenis dan Tips Mengerjakan Soal Psikotest Gambar

Psikotest umumnya dilakukan dalam proses seleksi karyawan. Salah satu test nya adalah psikotest gambar yang dapat mengetahui kepribadian seseorang. Simak tips nya disini ya.

Psikotes dilakukan untuk mengetahui kemampuan seseorang. Biasanya dilakukan oleh perusahaan dalam proses seleksi karyawan. Ada beberapa jenis psikotes, misalnya psikotes gambar. Psikotes gambar adalah psikotes yang memanfaatkan gambar sebagai medianya dengan tujuan untuk mengetahui kepribadian orang secara lebih. 

 

Dengan psikotest gambar, kamu bisa membaca kepribadian seseorang yang dianggap akan mempengaruhi kemampuan pada saat bekerja. Walaupun tidak ada benar salah dalam tes, peserta sebaiknya tetap mengerjakan dengan benar. Perusahaan dapat menilai dan mengetahui aspek kepribadian, minat, kecenderungan sikap, dan intelegensi calon karyawan.

 

Contoh Soal Psikotest Gambar

Ada beberapa jenis soal psikotest gambar yang harus kamu selesaikan, berikut ini 8 jenis psikotes yang ada:
 

  1. Tes Wartegg

    Tes ini dilakukan untuk menilai kompetensi seseorang. Peserta akan diberikan kertas yang berisi 8 kotak dengan pola yang berbeda-beda, mulai dari garis lengkung hingga sebuah titik. Kemudian, peserta akan diminta untuk menggambar pola-pola lanjutan  yang ada di soal dengan kreativitas mereka.



    Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengerjakan psikotest ini:

    a. Pastikan kertas dalam keadaan bersih, jangan dicoret-coret
    b. Kerjakan tes mulai nomor 1 hingga 7 secara urut
    c. Jangan terburu-buru dalam mengerjakan soal, pahami dan pelajari pola soal terlebih dahulu sebelum menggambar

     
  2. Tes Spasial

    Dengan test ini, kamu bisa mengetahui kemampuanmu dalam mendeskripsikan gambar atau objek. Sering digunakan dalam seleksi BUMN. Ada lima jenis soal dalam tes ini:

    a. Spasial beragam bidang/objek

    Tes ini berisi berbagai jenis objek dan kamu diminta untuk mengatur gambar serupa atau gambar yang sama dengan gambar utama. Berikut ini adalah contoh soalnya:



    Jawaban: A 


    b. Spasial membangun ruang

    Ada beberapa bentuk data yang terpotong-potong, kamu diminta untuk membentuk suatu gambar dari bentuk yang terpotong-potong. 



    Jawaban: B


    c. Kombinasi gambar

    Kamu diminta untuk menggabungkan gambar bentuk dua dimensi



    Jawaban: A


    d. Pencerminan gambar

    Kamu diminta untuk memilih gambar yang merupakan cerminan dari gambar soal.



    Jawaban: A


    e. Gambar 3 dimensi

    Soal ini akan memintamu untuk memilih gambar yang sesuai dengan instruksi



    Jawaban: B

     
  3. Tes gambar berderet

    Tes ini merupakan tes logika dasar aritmatika, namun menggunakan media gambar 3 atau 2 dimensi. Kamu harus lebih teliti dan fokus karena ada gambar yang bisa menjebak peserta dengan konsep serupa namun tak sama.



     
  4. Tes menggambar pohon



    Psikotest gambar pohon ini dikenal dengan nama Karl Koch’s Tree Testing atau Tes Baum. Pertama kali diperkenalkan oleh Psikolog asal Swiss yakni Dr. Charles (Karl) Koch pada tahun 1950. Tes ini dapat dilakukan dengan cepat oleh berbagai kalangan, baik anak-anak dan juga dewasa. Tes ini merupakan test pelengkap dan tergolong tes yang mudah.

    Kamu diminta untuk menggambar pohon di kertas ukuran A4. Tujuan dari tes ini adalah mengetahui kemampuan, sikap, dan sikap seseorang secara psikologis. Hal ini dinilai dari posisi atau letak pohon, jumlah pohon yang digambar, tinggi, dan pemaknaan dalam gambar.

    Kamu hanya diperbolehkan untuk menggambar sebuah pohon berkambium (dikotil), dan bukan pohon tak berkambium seperti pisang, kelapa, dan bambu. Sebaiknya kamu menggambar pohon yang kokoh dan lengkap dengan ranting dan daun, serta buah. Tuliskan jenis pohon yang digambar di kertas.

     
  5. Tes pasangan gambar

    Kamu diminta untuk mencari pasangan di dalam dua kotak yang berbeda. Tes ini bertujuan untuk mengetahui ketelitianmu dalam mencari sesuatu



    Jawaban: 1 = S, 2 = U, 3 = M, 4 = R, 5 = C, 6 = L, 7 = Y, 8 = 0, 9 = P, 10 = 1

    11 = X, 12 = D, 13 = V, 14 = E, 15 = Q, 16 = J, 17 = K, 18 = N, 19 = B, 20 = F

    21 = H, 22 = A, 23 = W, 24 = C, 25 = T

    Selain itu, akan ada psikotest gambar yang bertujuan untuk mengetahui ketelitianmu dalam menentukan ga,bar yang sama dan berbeda. Pasangan gambar yang sama diberi kode O sedangkan pasangan gambar yang berbeda diberi kode X.



    Jawaban:

    1.X, 2.X, 3.O, 4.0, 5.X, 6.0, 7.X, 8.0, 9.X, 10.0, 11.X, 12.0, 13. X, 14.X, 15.0

     
  6. Tes menggambar manusia

    Kamu juga akan diminta untuk menggambar manusia. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pandangan diri kepada dirinya secara profesional. Kamu akan diminta untuk menggambar manusia lengkap dengan deskripsi usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang sedang dilakukan manusia yang kamu gambar.



    Tes ini diperkenalkan oleh Ebenezer Cooke pada tahun 1885. Menurutnya, gambar dapat mempengaruhi perkembangan. Kemudian, tes ini dipopulerkan oleh Florence Goodenough di tahun 1926 sebagai tes yang bisa melihat kepribadian orang. Di luar negeri, tes ini dikenal dengan nama Draw a Man Test (DAM).

    Kamu hanya akan diberikan selembar kertas kosong dan pensil serta perintah untuk menggambar orang. Hal ini membuat penilai mampu mengetahui visi misi ke depan dari testee. Orang yang mampu menggambar dengan detail dan baik di tengah ambiguitas ini dinilai memiliki visi dan misi kerja yang baik.

    Gambarlah manusia lengkap dengan deskripsi usia, jenis kelamin, dan aktivitas yang sedang dilakukan manusia yang kamu gambar. Penguji akan menilai gambar bersadarkan makna yang tersirat di dalamnya, bukan dari kemampuan menggambar yang kamu miliki. Ini beberapa tip psikotest gambar yang bisa kamu lakukan:

    a. Gambarlah manusia sesuai jenis kelaminmu, jika kamu perempuan, gambarlah manusia dengan jenis kelamin perempuan
    b. Gambarlah secara lengkap, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki. Gambar juga anggota tubuh lain secara utuh
    c. Gambarlah sedetail mungkin. Bila kamu menggambar dokter, gambarlah secara utuh, mulai dari pakaian dinas hingga aktivitas yang dilakukan
    d. Jangan terlalu besar dalam menggambar, untuk menghilangkan kesan dominan yang kamu miliki
    e. Gambarlah detail jari tangan manusia yang kamu gambar

     
  7. Tes kraeplien/pauli

    Tes koran dilakukan untuk mengukur tingkat fokus dan emosi seseorang. Kamu akan diberikan soal untuk menjumlahkan deretan angka dari mulai 0-9 yang tersusun secara vertikal.

    Tes ini tergolong sulit karena banyak sekali angka yang harus dijumlahkan, namun ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan dalam mengerjakan psikotest satu ini:

    a. Siapkan dua pensil dan lautan untuk cadangan
    b. Gunakan pensil biasa, jangan gunakan pensil mekanik karena rentan patah
    c. Jangan menghapus jawaban yang salah, cukup coret jawaban dan tulis jawaban yang benar di sampingnya
    d. Tanyakan kepada penguji bila ada yang kurang jelas

     
  8. Tes irama gambar

    Kamu diminta untuk menebak gambar selanjutnya dari pola yang sudah ada



    Jawaban: A

    Selain itu, ada jenis soal lain seperti di bawah ini:



    Jawaban: D

 

Itulah jenis psikotest gambar dan contoh soal yang menjadi gambaran tes aslinya. Tes kepribadian hanya menganalisa kepribadian testee berdasarkan jenis tes yang diberikan. Analisa ini akan dibandingkan dengan jenis pekerjaan yang tersedia serta bagaimana seharusnya perusahaan memperlakukan atau menempatkan karyawannya pada posisu yang sesuai.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

4123
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.