INTERIOR

8 Inspirasi Ruang Bawah Tangga

Menyulap area sempit jadi spot favorit!

Punya ruang kosong di bawah tangga yang tidak terpakai? Sayangkan kalau dibiarkan kosong atau cuma jadi spot numpuk barang-barang? Padahal kita bisa menyulap ruang sempit di bawah tangga menjadi ruang yang lebih fungsional dan enak dilihat. 

 

Nah, berikut ini ada beberapa ide yang bisa kamu terapkan di area kosong bawah tangga. Coba disimak ya!

 

1. Ruang kerja 

 

 

Sumber: Homelane.com

 

Sering bekerja dari rumah? Tidak perlu ruang khusus untuk membuat ruang kerja. Kamu cukup memanfaatkan kelebihan ruang di bawah tangga sebagai ruang kerja yang nyaman dan minimalis. Tempelkan meja pada dinding di bawah tangga dan tambahkan kursi serta penerangan. Kamu juga bisa menambahkan rak dinding sederhana sebagai tempat penyimpanan. 

 

 

2. Tempat duduk santai

 

 

Ruang di kolong bawah tangga kamu tidak terlalu besar? Sulap ruang kecil tersebut menjadi pojok santai yang nyaman. Cukup tambahkan sebuah kursi yang dilengkapi dengan dudukan dan beberapa bantal kursi yang empuk. Walaupun sederhana, ruang di bawah tangga siap menjadi tempat bersantai yang kekinian.

 

 

3. Indoor garden

 

 

Sumber: alatgamingmurah.me

 

Agar suasana rumah lebih segar dan sejuk, kita bisa membuat indoor garden di bawah tangga. Cukup letakkan dan susun beberapa tanaman hijau favorit, dan kesan alami dan natural pun akan sangat kental di rumah kamu. Bahkan kamu juga bisa membuat kolam ikan indoor di area sini. Namun, pastikan area indoor garden ini mendapat cukup paparan cahaya matahari, ya.

 

 

4. Kandang hewan peliharaan kesayangan

 

 

sumber: impressiveinteriordesign

 

Punya hewan peliharaan kesayangan? Hewan peliharaan kamu tentu memerlukan tempat yang nyaman dan aman untuk makan serta beristirahat. Tak perlu membeli kandang khusus, kamu tinggal merombak kolong di bawah tangga menjadi kandang yang hangat dan nyaman untuk mereka. Tambahkan alas tidur, tempat makan, serta nama hewan kesayangan kamu di area tangga. Untuk menambah kenyamanan, pertimbangkan untuk menambah pintu khusus buat akses keluar-masuk mereka. 

 

 

5. Powder room

 

 

Sumber: impressiveinteriordesign

 

Powder room alias toilet tamu, biasanya memiliki ukuran yang kecil dan berada dekat dengan ruang tamu. Nah, bagi kamu yang tidak memiliki ruang lebih di dalam rumah namun tetap ingin membuat powder room, langsung saja manfaatkan ruang di bawah tangga. Agar desainnya terlihat menyatu dengan seluruh ruangan, pilih desain pintu yang serasi dengan desain tangga rumah kamu. Dijamin para tamu yang datang pun akan terkesima melihatnya.

 

 

6. Sebagai Perpustakaan

 

 

Sumber: btnproperty.co.id

 

Kita bisa membuat area bawah tangga sebagai perpustakaan mini di rumah kita. Buatlah lemari untuk menyusun buku-buku dan ciptakan ruang baca yang nyaman di area bawah tangga. Jangan lupa untuk memperhatikan segi pencahayaan. 

 

Padukanlah bahan, warna, dan furniture yang bisa membuat ruang baca menjadi nyaman dan menyatu dengan ruang lainnya. Pemanfaatan garis horizontal juga bisa dimanfaatkan untuk memberi kesan ruang yang lebih luas.

 

 

7. Rak Penyimpanan

 

 

 

Pemanfataan rak di bawah tangga dapat menjadi solusi penyimpanan yang rapi untuk semua benda-benda kesayangan. Bahkan setiap anak tangga bisa dibagi menjadi beberapa rak penyimpanan dengan berbagai ukuran. Terencana, indah, rapi, dan fungsional. 

 

 

8. Area Display Foto dan Barang Koleksi

 

 

Foto: Homelane.com

 

Tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk menyulap ruang di bawah tangga.  Hanya dengan memadukan elemen yang diperlukan untuk memajang foto dan barang koleksi, maka voilà, terciptalah ruang yang fungsional dan elegan.

 

 

Itu dia beberapa ide kreasi yang bisa kita lakukan dengan area bawah tangga. Yang pasti, ilmu desain interior berperan penting untuk mendapatkan kenyamanan serta meningkatkan nilai estetis suatu ruang.

 

Nah, kalau kamu penasaran dan ingin tau lebih dalam mengenai perancangan desain interior, khususnya mengenai memaksimalkan ruangan yang terbuang, kamu bisa mengikuti kelas “Uncommon Spaces” dari Mira Prihatini di Kelaskita.

 

Dengan mengikuti kelas ini, diharapkan kalian yang berprofesi sebagai desainer interior bisa mendapatkan ide-ide baru merancang ruangan yang terbuang menjadi ruangan yang tidak biasa, nyaman dan memiliki nilai estetis. Tunggu apa lagi? Yuk ikuti kelasnya sekarang! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

317
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.