SEJARAH DAN BUDAYA

8 Fakta Seru Tentang Indonesia

Bikin makin yakin dan bangga kalau Indonesia adalah negara yang besar.

Indonesia adalah negara yang besar dan kaya. Besar secara geografis dan demografis, serta kaya akan keragaman budaya, bahasa, sumber daya alam, dan lain sebagainya. Nah, barangkali ada yang belum tau, berikut ini adalah sebagian kecil fakta seru soal Indonesia: 

 

1. Memiliki 3 dari 10 pulau terbesar di dunia

Berdasarkan data pada Gasetir Nasional 2020, terdapat 16.771 pulau di Indonesia, dan 3 pulau di antaranya termasuk dalam 10 pulau terbesar di dunia. Itu adalah PulauPapua, Kalimantan, dan Pulau Sumatera.

 

Pulau Papua menjadi pulau terbesar kedua di dunia, pulau Kalimantan merupakan pulau ketiga, sementara Pulau Sumatera termasuk pulau terbesar di dunia pada posisi keenam.

 

2. Memiliki hutan bakau terbesar di dunia

Indonesia memiliki luas hutan bakau mencapai 2,5 -4,5 juta hektar daratan dan perairan, yang artinya 25% dari total hutan bakau dunia ada di Indonesia.

 

3. Memiliki danau vulkanik terbesar di dunia

Danau Toba di Sumatera Utara merupakan danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini terbentuk akibat letusan gunung berapi.

 

4. Memiliki kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara

Jakarta merupakan kota metropolitan terbesar di Asia Tenggara, dan nomer dua di dunia setelah Tokyo.

 

5. Memiliki jumlah bahasa terbanyak kedua di dunia

Indonesia kaya akan bahasa. Berdasarkan data, Indonesia menempati posisi teratas kedua sebagai negara dengan jumlah bahasa terbanyak di dunia. Indonesia tercatat memiliki 700-an bahasa daerah. Urutan pertama yang memiliki bahasa terbanyak adalah Papua Nugini.

 

6. Memiliki habitat asli Komodo

Kadal terbesar dikenal dengan nama ‘Komodo’, hewan ini merupakan hewan yang langka dan hanya hidup di habibat aslinya yaitu di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

 

Sebuah hasil studi menyebutkan bahwa Komodo bukan tipikal reptil yang meninggalkan habibatnya. Sehingga, rumah kadal terbesar hanya terdapat di Indonesia.

 

7. Memiliki tempat wisata yang masuk daftar situs warisan dunia

Indonesia dikenal sebagai surga wisata yang menarik untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata Indonesia bahkan masuk ke dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO, seperti Taman Nasional Ujung Kulon di Banten dan Candi Borobudur yang menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. 

 

8. Penghasil kopi terbesar keempat di dunia

Indonesia adalah negara penghasil kopi keempat terbesar di dunia, setelah Brasil, Vietnam, dan Kolombia. Data ini diambil dari situs International Coffee Organization (ICO) yang di-update pada November 2020.

 

Itu dia beberapa fakta tentang negara tercinta kita, Indonesia. Gimana, bikin makin yakin dan bangga dong sama Indonesia?

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

461
6
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.