LAINNYA

8 Cara Untuk Tetap Produktif dan Semangat Saat Bulan Ramadhan, Wajib Catat

Puasa adalah momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim di seluruh dunia. Di bulan puasa banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan agar produktif dan semangat, yuk simak cara-caranya!

Apakah Teman Minki sering merasa tidak produktif dan bersemangat saat bulan Ramadhan? Jika iya, berarti kamu perlu merubah kegiatan saat bulan Ramadhan tiba. Memang saat Ramadhan tubuh akan terasa lemas, tentunya banyak faktor yang membuat tubuh terasa lemas selain kurangnya asupan gizi saat bulan Ramadhan berlangsung.

 

Kurangnya cairan saat sahur dan berbuka, pola makan tidak seimbang, perubahan pola tidur, dan perubahan aktivitas adalah beberapa faktor yang mempengaruhi tubuh kamu terasa lemas, Teman MinKi. 

 

Selain tubuh terasa lemas, produktivitas dan fokus kamu dalam bekerja juga akan berpengaruh. Hal ini dikarenakan faktor-faktor yang MinKi sebutkan tadi dapat berpengaruh ke semuanya. Tapi tenang aja, sudah ada 8 cara untuk tetap produktif dan semangat saat bulan Ramadhan hanya untuk Teman MinKi. Penasaran apa saja caranya? Yuk, simak selengkapnya.

 

1. Mengatur Waktu Tidur yang Efektif

Hal yang paling pertama adalah menjaga waktu istirahatmu dengan baik dan cukup. Kamu harus memastikan jam tidurmu cukup. Mengurangi kebiasaan buruk tidur larut malam dan bangun siang adalah kunci utamanya. Kamu harus membiasakan diri untuk tidur lebih awal. Jika biasanya masih ada aktivitas yang membuat kamu tidur jam 11 malam atau 12 malam, kali ini kamu harus menyelesaikan semua aktivitas sebelum jam 10 malam dan kamu bisa tidur lebih awal dari yang biasanya.

 

Jika sudah terbiasa dengan mengatur jadwal tidur, tubuh kamu akan baik-baik saja dan tidak merasa lemas pada siang harinya. Kamu hanya perlu niat dan konsisten, Teman MinKi!

 

2. Sahur dan Berbuka Dengan Cukup

Perhatikan saat kamu sahur dan berbuka, pastikan kamu makan dengan cukup dan penuh serat.

 

Selain jenis makanan, kamu juga disarankan untuk menjaga porsi makanan agar tidak berlebihan. Jika kamu makan berlebihan, akan membuatmu tidak berenergi dan mudah mengantuk saat beraktivitas. 

 

3. Konsumsi Makanan yang Sehat

Mengkonsumsi makanan yang sehat juga perlu kamu perhatikan, yang biasanya kamu suka makanan fast food atau junk food, kali ini kamu harus konsumsi makanan yang bergizi tinggi.

 

Ada beberapa makanan yang mengandung gizi tinggi, seperti kurma, telur, bayam, apel, pisang, alpukat, dan masih banyak lainnya yang dapat kalian temui. Makanan yang sehat membuat kamu lebih prima saat di bulan puasa. Kamu juga disarankan untuk mengkonsumsi vitamin dan pastikan badanmu terpenuhi oleh nutrisi.

 

4. Kurangi Aktivitas yang Tidak Perlu

Pada bulan puasa tentunya kamu perlu mengurangi beberapa aktivitas yang tidak diperlukan. Kamu perlu menyimpan energi saat bulan puasa. Mulailah mengurangi aktivitas yang tidak perlu, seperti begadang, nge-game sampai larut malam, lembur bekerja sampai malam, dan aktivitas lainnya.

 

5. Membuat Jadwal

Menyambung dengan tips nomor empat kamu perlu membuat jadwal saat bulan Ramadhan atau puasa, hal ini bisa membuat kamu bersemangat dalam menjalani Ramadhan ini.

 

Isi bulan Ramadhan kamu dengan kegiatan yang seru dan bermanfaat, seperti buka puasa dengan keluarga di luar rumah, buka puasa dengan rekan-rekan kerja, atau buka puasa dengan teman-teman sekolah sekaligus buat acara reuni.

 

Atur jadwal kamu dengan baik dan bijak, jangan sampai jadwal kamu berantakan dan membuat bulan Ramadhan kamu membosankan.

 

6. Atur Pekerjaan Dengan Bijak

Buat kamu sudah bekerja, hal ini perlu kamu perhatikan dengan baik. Karena perubahan pola hidup, kamu harus mengatur jadwal kerja yang berbeda dari biasanya untuk mencegah malas dan mudah mengantuk. Atur jadwal harian kamu setelah sahur atau salat Subuh, karena saat itulah energi kamu baru terisi.

 

Saat ini juga, kamu harus bijak mengatur jam istirahat saat sedang bekerja. Jangan terlalu memforsir diri saat jam kerja, kamu perlu berkomunikasi dengan baik dengan rekan kerja dan atasanmu untuk hal ini.

 

7. Perhatikan Kehidupan Pribadi

Fokus saat menjalani ibadah puasa memang perlu dan penting, tetapi jangan lupakan kehidupan pribadimu.

 

Lakukan berbagai kegiatan yang membuatmu bahagia, seperti melakukan hobi, jalan-jalan dengan teman, dan kegiatan seru lainnya. Hal ini dibutuhkan agar menjaga keseimbangan kesehatan mental kamu.

 

8. Berolahraga Secara Terjadwal

Olahraga adalah hal yang terakhir dan penting. Dengan berolahraga tubuh kamu akan terasa lebih segar. Penting juga untuk mengatur intensitas dan waktu berolahraga, jangan sampai dengan berolahraga di bulan puasa membuat kamu lemas.

 

Selain itu, dengan berolahraga bisa membuat mood kamu lebih bagus, hal ini juga bisa membantu kamu dalam menjalani puasa. Sangat disarankan berolahraga dari rumah saja, supaya tidak memakan waktu dan tenaga. Kamu bisa juga mengiktui kelas olahraga yang ada di Kelaskita lho!

 

Di Kelaskita ada kelas olahraga yang bisa kamu pilih dan diikuti, seperti kelas Yoga bersama Maya Nabila, kelas Takwondo bersama Chintia S & Henry S,  kelas Menjaga Tubuh Ideal bersama Sistya Windasari, dan kelas Melatih Otot bersama Sutan Aswar.

 

Kesimpulannya adalah diperlukan niat dan konsistensi untuk menjalankan kedelapan cara di atas. Kamu bisa memulai dengan hal-hal kecil terlebih dahulu dan mempraktikannya sebelum bulan puasa tiba. Selanjutnya adalah kamu perlu membuat rencana di bulan Ramadhan, apa saja yang ini kamu lakukan selama bulan Ramadhan. Buat rencana dengan kegiatan seru yang membuat kamu bersemangat untuk menjaladi bulan puasa ini.

 

Selain itu, jangan lupa untuk berolahraga ringan. Jika kalian ingin berolahraga bisa dari rumah saja kok, tidak perlu keluar rumah yang bisa membuang energi kamu saat puasa.

 

Yuk, download aplikasi Kelaskita sekarang untuk mengikuti kelas-kelas olahraga bersama tutor-tutor kece!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

160
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.