KESEHATAN

7 Tips Turunkan Gula Darah Alami

Lakukan ini untuk mengontrol kadar gula darah kita secara alami.

Selain dengan mengkonsumsi obat, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan kadar gula darah secara alami. Tidak bisa dipungkiri, menjalani gaya hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang adalah kunci utama untuk kita mengontrol kadar gula darah. 

 

Berikut ini ada beberapa tips untuk menurunkan kadar gula darah secara alami yang bisa kita lakukan: 

 

1. Banyak minum air putih

Minum air putih yang cukup dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula yang terpendam di dalamnya, melalui urine. Selain itu, air juga dapat membantu sirkulasi darah, dan mengurangi risiko terkena diabetes. Tapi ingat ya, air yang kita minum tidak boleh mengandung gula. 

 

2. Kurangi makan karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat bisa jadi salah satu cara untuk menurunkan kadar gula darah yang efektif.Secara alami, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula, kemudian, insulin akan membawa gula ke dalam sel. Saat kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, proses ini akan terganggu, sehingga kadar gula darah akan meningkat.

 

3. Mengonsumsi makanan berserat 

Makanan berserat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di tubuh. Kamu bisa mengonsumsi makanan yang punya serat tinggi seperti sayur, buah, kacang-kacangan, gandum, dan lainnya. 

 

4. Olahraga teratur 

Olahraga secara teratur mampu mencegah diabetes dengan meningkatkan sensitivitas sel-sel insulin di dalam tubuh. Olahraga juga bisa membantu otot untuk menggunakan gula dalam darah sebagai sumber energi. 

 

5. Istirahat cukup 

Tidur yang cukup dapat menyeimbangkan hormon dan mencegah peningkatan kadar gula darah bila diimbangi dengan pola makan yang tepat, gaya hidup sehat serta tetap beraktivitas. Kurang tidur maupun kualitas tidur yang buruk atau tidur pada waktu yang salah dapat mengganggu produksi insulin sehingga berpotensi menyebabkan peningkatan kadar gula darah.

 

6. Redakan stres 

Terlalu stres bisa meningkatkan kadar gula darah dan mempersulit kontrol gula darah. Stres akut memicu produksi hormon adrenalin di dalam tubuh. Hormon ini pun akan memicu produksi gula darah dan lemak. Stres juga memproduksi hormon kortisol dan katekolamin. Keduanya menghambat kerja insulin.

 

7. Konsumsi cuka apel

Konsumsi cuka apel dapat membantu menurunkan kadar gula darah di dalam tubuh. Selain itu, bahan satu ini juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita coba lakukan untuk menurunkan kadar gula darah secara alami. Selamat mencoba dan stay healthy ya, Teman Kelaskita!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

176
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.