BISNIS

7 Tips Sukses Memulai Bisnis untuk Pemula

Karena proses tidak akan mengecewakan hasil.

Saat ini, banyak banget yang ingin memulai usahanya sendiri. Apalagi di masa pandemi, di mana perekonomian serba tidak menentu, mendapatkan tambahan pemasukan dari melakukan bisnis adalah sebuah impian. 

 

Nah, kalau Teman Kelaskita ingin coba berbisnis, berikut ini ada beberapa tips untuk sukses memulai bisnis untuk pemula yang bisa disimak.

 

1. Fokus pada satu peluang bisnis

 

Untuk yang baru memulai, sebaiknya kita fokus hanya pada satu bisnis terlebih dahulu. Dengan fokus pada satu peluang, maka seluruh ide dan pikiran kita untuk mengembangkan bisnis akan lebih terarah. Hal ini akan memudahkan kita dalam mengeksekusi semua ide-ide tersebut. 

 

2. Lakukan hal yang disukai

 

Jika kita melakukan apa yang kita sukai, maka kita akan melakukannya dengan sepenuh hati, termasuk dalam bekerja dan berbisnis. Segala pekerjaan jika digeluti dengan sepenuh hati akan membuahkan hasil yang maksimal tentunya. 

 

Biasanya, kita bisa memulai bisnis berdasarkan hobi. Dengan begitu, hobi kita terpuaskan dan mimpi membuka usaha pun tercapai.

 

3. Kuasai hal-hal tentang bisnis kita

 

Penting untuk terus mempelajari dan menguasai seluk-beluk bisnis kita. Selain jadi bekal untuk pengembangan, hal ini juga akan berguna ketika ada investor yang tertarik dengan bisnis kita. Karena investor hanya akan berinvestasi di tangan yang tepat, yaitu kepada orang yang benar-benar paham tentang bisnis tersebut.

 

4. Selalu mau belajar dari orang lain

 

Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Jadi, sangatlah penting untuk bersikap terbuka pada pandangan atau pemikiran orang lain. Pilihlah mentor, teman atau orang yang sudah sukses untuk menjadi penasehat kamu, tempat kamu berdiskusi tentang hal-hal yang perlu dilakukan untuk sukses. Lebih banyak mendengar akan lebih baik daripada lebih banyak berbicara.

 

5. Belajar dari kegagalan

  

Tidak ada hal yang pasti di dunia ini, termasuk dalam dunia bisnis. Karena tidak semua yang kita rencanakan selalu berjalan lancar sesuai keinginan. Jika ingin maju, maka kita juga harus siap untuk menghadapi kegagalan. Justru kegagalan harus terjadi untuk mengajarkan dan mempersiapkan kita untuk menjadi orang yang sukses nantinya. Ketika gagal, jangan putus asa, terus mencoba dan belajarlah dari pengalaman itu. 

 

6. Jaga kesehatan

 

Kesehatan memberi kita kesempatan untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Sebisa mungkin seimbangkan pekerjaan dengan menjaga kesehatan. Dengan kita menjaga kesehatan, percayalah apapun yang kita kerjakan akan lebih produktif. Atur pola makan, berolahraga teratur, dan sempatkan waktu untuk beristirahat dari pekerjaan. 

 

7. Action

 

Speak less, do more. Perhatikan apa yang kamu katakan dan jangan terlalu banyak bicara tapi tidak berbuat apa-apa. Buktikan semuanya melalui tindakan, bukan melalui kata-kata, karena dengan begini orang akan lebih bisa menilai hasil kerjamu.

 

 

Nah, itu dia 7 tips yang bisa kita lakukan untuk memulai bisnis. Jangan ragu untuk memulai, terus belajar dan ambil peluangmu. Jalani semua yang kita inginkan dengan selalu memberi yang terbaik, karena percayalah, proses tak akan mengecewakan hasilnya. Selamat sukses dan semangat! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

264
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.