LAINNYA

6 Tips Sukses Menghadapi Wawancara Beasiswa

Buat mahasiswa yang ingin apply beasiswa wajib tahu nih!

Untuk Teman Kelaskita yang ingin mendapatkan beasiswa kuliah dari pemerintah, wawancara merupakan salah satu tahapan akhir yang harus dilalui. Tahapan ini menjadi yang sangat penting karena akan menjadi penilaian kelayakan untuk diterima atau tidak.

 

Maka dari itu, penting bagi kita untuk mempersiapkan tahapan wawancara agar bisa maksimal dan memuaskan.

 

Nah, dirangkum dari laman instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Dikti), berikut ini adalah 6 tips sukses menghadapi wawancara untuk mendapatkan beasiswa:

 

1. Lakukan Riset

Hal yang harus kita perhatikan sebelum menghadapi wawancara beasiswa adalah melakukan riset untuk mengetahui hal mendasar, keunggulan, dan prestasi kampus maupun jurusan yang dituju. Hal inimenunjukkan antusiasme kita, sehingga bisa meningkatkan nilai lebih di mata pewawancara.

 

2. Perhatikan penampilan

Untuk menghadapi wawancara beasiswa, sebaiknya kita memperhatikan dan mempersiapkan penampilan.Pilihlah pakaian yang rapi dan formal untuk menciptakan impresi atau kesan awal yang baik bagi pihak yang menyelenggarakan beasiswa.

 

3. Sikap tubuh

Memperhatikan sikap tubuh ketika wawancara merupakan hal penting. Untuk membuat kesan tegas dan semangat kita bisa bersikap tegap dengan posisi duduk yang tegak. Hal ini akan membuat pewawancara terkesan dengan sikap sopan dan disiplin dari para kandidat dalam meraih beasiswa.

 

4. Kontak mata

Usahakan berkontak mata secara alami saat menjalani interview. Meski rasa gugup mungkin datang, kitaharus berusaha berkontak mata dengan cara yang alami. Dengan begitu, pewawancara akan tetap fokus dengan jawaban yang diberikan dan kamu akan lebih lancar berkomunikasi.

 

5. Ajukan satu atau dua pertanyaan

Jangan malu-malu untuk mengajukan pertanyaan sata diberi kesempatan. Antusiasme kita sebagai calon peraih beasiswa bisa terlihat juga dari sini dan pihak kampus akan bisa menangkap seberapa besar rasa ingin tahu kita terhadap jurusan dan universitas yang diincar. 

 

6. Percaya diri

Hal terakhir yang harus dimiliki setiap kandidat peraih beasiswa adalah kepercayaan diri. Namun jangan sampai salah, dalam hal ini, percaya diri kita harus ditunjukkan lewat jawaban-jawaban yang komprehensif dan berkualitas. Hal ini efektif untuk menarik pihak kampus atau pewawancara terkait beasiswa yang ingin dituju. 

 

 

Itu dia 6 hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi wawancara mendapatkan beasiswa kuliah. Selamat mencoba dan semoga sukses! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

136
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.