KESEHATAN

6 Tips Sukses Diet Keto

Coba perhatikan beberapa tips berikut ini agar sukses melakukan diet keto.

Diet keto merupakan pola diet yang menyarankan pelakunya untuk mengonsumsi banyak lemak dan menghindari asupan karbohidrat. Diet keto belakangan cukup diminati karena dianggap bisa menurunkan berat badan dengan cukup cepat.

 

Meski masih banyak pro dan kontra, beberapa studi menunjukkan bahwa diet keto tergolong aman dan juga efektif untuk dilakukan, terutama oleh penderita kelebihan berat badan atau obesitas.

 

Untuk melakukan diet keto, kita harus rela untuk mengurangi konsumsi karbohidrat setiap hari dalam jumlah yang cukup besar. Diet keto standar (standard ketogenic diet) meliputi pola makan berupa 75% konsumsi lemak, 20% konsumsi protein, dan 5% konsumsi karbohidrat.

 

Sementara itu, diet keto tinggi protein (high-protein ketogenic diet) memiliki porsi konsumsi protein lebih banyak. Pola makan yang diterapkan adalah 60% lemak, 5% karbohidrat, dan 35% protein.

 

Perlu diingat, agar efektif dalam menjalankan diet ini, kita harus konsisten dan melakukannya secara continuesetidaknya selama dua minggu jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Nah, kalau Teman Kelaskita inging mencoba, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan oleh pelaku diet keto pemula:

 

1. Jangan biarkan tubuh kelaparan

Makan secara teratur dan mengikuti apa yang diinginkan tubuh penting untuk kita lakukan saat menjalani diet keto. Jangan sampai kita beraktivitas terlalu lama tanpa makan dan membiarkan tubuh kelaparan.

 

2. Terhidrasi cukup

Terkadang kita suka salah menerima sinyal lapar, padahal sebenarnya kita hanya haus dan butuh minum. Oleh karena itu, kita harus minum air yang banyak agar kita tidak makan berlebihan hanya karena salah menerima sinyal.

 

3. Hindari pemanis

Saat melakukan keto, kesalahan yang paling sering dilakukan oleh orang-orang adalah mengganti seluruh asupan gula dengan pemanis. Padahal konsumsi pemanis terus menerus pada pola diet akan bisa membuat kita selalu lapar dan ingin selalu mengonsumsi yang manis-manis. Jadi sebisa mungkin, hindari konsumsi yang manis-manis. 

 

4. Tetap mengonsumsi lemak

Lemak tidak sepenuhnya harus dihindari ketika menjalani diet, terutama diet keto. Karena di dalam metode keto, lemak akan menjadi sumber energi buat tubuh kita dan akan membantu untuk menjaga rasa kenyang lebih lama setelah waktu makan.

 

5. Selalu periksa label kemasan

Baca dengan detail label informasi gizi pada kemasan makanan. Banyak sekali produk makanan yang mengaku sehat bahkan hingga ramah untuk pelaku diet keto, padahal tidak. Selain kandungan gula,perhatikan jumlah total karbohidrat keseluruhan per saji dari suatu produk makanan untuk memastikan bahwa kandungannya rendah dan tetap mendukung pelaksanaan ketosis.

 

6. Mencukupi kebutuhan garam

Kandungan garam atau sodium memiliki peran penting untuk mengatur keseimbangan air di dalam tubuh.Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan garam harian kita. Asupan sodium yang terlalu sedikit dapat berarti tubuh tidak menyerap air dengan baik dan dapat menyebabkan permasalahan seperti kesulitan untuk berkonsentrasi, mudah lelah, kram otot dan permasalahan pada perut, hingga keto flu.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan jika ingin menjalankan diet keto. Oh iya, diet keto ini dianjurkan untuk dilakukan dalam jangka pendek, mulai dari 2–3 minggu hingga batas maksimal 6–12 bulan. Jadi ketika kita sudah berhasil mengurangi lemak tubuh dan memperbaiki kesehatan, kita bisa menghentikannya dan dilanjutkan dengan dengan pola hidup sehat.

 

Selamat mencoba! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

181
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.