KESEHATAN

6 Cara Jaga Kekebalan Tubuh Selama Pandemi

Hal-hal sederhana namun besar dampaknya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Pandemi COVID-19 masih belum berakhir. Karena itu, kita harus terus menjaga kebersihan dan kesehatan semaksimal mungkin agar sistem kekebalan tubuh tetap terjaga 

 

Apa saja hal-hal yang bisa kita lakukan sehari-hari untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita? Simak nih!

 

 

1. Berjemur 

 

Vitamin D yang dihasilkan dari sinar ultraviolet-B matahari dipercaya membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh. Meskipun Vitamin D juga bisa didapatkan dari makanan, cara terbaik untuk meningkatkan kadar vitamin tersebut adalah dengan mendapatkan sinar matahari langsung atau mengonsumsi suplemen jika mengalami kekurangan.

 

 

2. Tidur cukup 

 

Studi menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menurunkan kekuatan sistem kekebalan tubuh signifikan. "Tidak tidur pada dasarnya memengaruhi kesehatan fisik kita," kata asisten profesor psikiatri di University of California - San Francisco sekaligus penulis studi, Aric Prather, PhD. 

 

 

3. Cukup minum air  

 

Air apapun yang tidak mengandung gula, dapat membantu menghidrasi tubuh kita. Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Wesley McWhorter, DrPH, RD mengatakan, tubuh yang terhidrasi dapat membantu menguatkan sistem kekebalan tubuh karena air membantu melarutkan racun keluar.

 

 

4. Makan buah dan sayuran

 

Salah satu kebiasaan baik untuk meningkatkan kekebalan adalah menerapkan pola makan nabati yang sehat. Pastikan kamu mengonsumsi vitamin antioksidan yang paling meningkatkan kekebalan tubuh seperti A, B6, C, E, selenium, zat besi, asam folat, dan seng. 

 

 

5. Rajin mencuci tangan

 

Mencuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik adalah cara terbaik untuk membunuh kuman. Kebiasaan baik lainnya adalah dengan menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh barang-barang. 

 

 

6. Rutin berolahraga

 

Rutin berolahraga baik untuk jantung, paru-paru, otak, dan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan. Hal ini sudah banyak dibuktikan dalam penelitian. Secara umum, tubuh sehat lebih siap untuk menangkis penyakit dan infeksi, terutama infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek dan flu.

 

 

Itu dia beberapa hal sederhana yang bisa kita lakukan sehari-hari, namun besar dampaknya untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Jadi, untuk kesehatan, pastikan untuk selalu melakukan hal-hal tersebut. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

124
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.