KESEHATAN

5 Tips Perawatan Gigi dan Mulut

Karena yang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati itu salah besar.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut penting banget lho, Teman Kelaskita. Karena kalau gusi atau gigi kitasampai terinfeksi, kuman penyebab infeksi di dalam mulut ini dapat menyebar ke organ tubuh lainnya. Salah satu yang paling parah adalah bisa menyebabkan kanker bibir dan rongga mulut. 

 

Nah, agar terhindar dari penyakit gigi dan mulut, kita harus menerapkan perawatan gigi dan mulut secara rutin. Berikut ini ada beberapa perawatan sederhana yang bisa kita lakukan sendiri di rumah.

 

1. Pakai sikat gigi lembut

Selain rutin mengganti sikat gigi setiap dua hingga tiga bulan sekali, penggunaan sikat gigi yang tepat juga dianjurkan. Para ahli merekomendasikan penggunaan sikat gigi dengan bulu lembut untuk meminimalisir risiko abrasi gigi. 

 

2. Jangan menyikat gigi terlalu sering 

Menyikat gigi terlalu sering bisa menyebabkan resesi gusi dan merusak permukaan akar gigi. Kita dianjurkan untuk sikat gigi sebanyak dua kali dengan pasta gigi yang mengandung fluoride karena dapat membantu mengatasi gigi berlubang. 

 

3. Gunakan benang pembersih gigi

Membersihkan sela gigi dengan benang alias flossing diklaim dapat mengangkat dan melepaskan makanan dan plak yang tersangkut di sela-sela gigi kita. Oleh karena itu, kita disarankan untuk membersihkanmenggunakan benang gigi dan dilanjutkan dengan menyikat gigi. American Dental Association merekomendasikan untuk flossing setidaknya sekali sehari.

 

4. Kurangi makan makanan manis 

Makanan manis disebut menjadi kontributor utama masalah karies gigi. Karena itu, sebaiknya kita mengurangi konsumsi gula berlebih. Apabila ingin mengonsumsi makanan manis, kita bisa batasi jumlahnya. Hal ini akan memberi kesempatan pada air liur untuk menetralkan asam. 

 

5. Jangan menyikat setelah minum soda

Saat minum soda, kandungan gula dalam minuman akan berinteraksi dengan bakteri di mulut untuk membentuk asam. Asam minuman ini yang akan menyerang gigi kita. Makanya setiap tegukan soda dapat memberikan reaksi merusak gigi yang berlangsung selama sekitar 20 menit. Sebaliknya, tunggu 30 hingga 60 menit jika ingin menyikat gigi setelah meminum soda.

 

Itulah beberapa tips merawat gigi dan mulut yang bisa kita lakukan dengan mudah di rumah agar kesehatan gigi dan mulut kita tetap terjaga. Salam sehat ya, Teman Kelaskita! (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

79
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.