TANAMAN

5 Tips Merawat Tanaman Hias Zebra

Menjadi salah satu tanaman hias populer, berikut ini ada beberapa tips untuk merawat tanaman hias Zebra.

Tanaman Zebra alias Aphelandra squarrosa merupakan tanaman hias tropis yang berasal dari Brasil. Tanaman ini memiliki daun gelap dengan garis-garis menyerupai motif zebra yang cantik dan bunga yang berwarna-warni. Karena kecantikannya, tidak sedikit yang tertarik untuk memelihara tanaman Zebra ini di rumah.

 

Tinggi tanaman Zebra dewasa bisa mencapai 60 cm jika dirawat di dalam ruangan, dan bisa mencapai lebih dari 1 meter jika dirawat di luar ruangan.

 

Nah, kalau Teman Kelaskita ingin merawat tanaman Zebra, berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan. 

 

 

1. Cahaya

 

Tanaman hias Zebra akan tumbuh dengan subur dengan cahaya matahari yang tidak langsung. Kondisi inimenyesuaikan habitat aslinya yang tumbuh di bawah pohon di hutan tropis. Jadi pastikan peletakannya yang pas ya.

 

 

2. Tanah

 

Tanaman Zebra akan tumbuh dengan baik dengan kondisi tanah yang netral hingga asam. Campuran tanah serbaguna juga sudah cukup untuk menumbuhkan tanaman ini. Kita juga bisa memasukkan pasir ke dalam campuran tanah untuk memastikan air yang masuk tetap mengalir dengan baik. 

 

3. Air

 

Tanaman ini menyukai tanah yang lembap secara konsisten. Sirami tanaman Zebra setiap beberapa minggu saat tanahnya mengering. Biarkan air benar-benar menembus tanah sampai keluar dari lubang drainase bawah pot. Namun harus diperhatikan, jangan sampai kita menyiramkan terlalu banyak air, karena akan mengakibatkan daunnya layu.

 

 

4. Suhu dan kelembapan

 

Karena berasal dari iklim tropis, tanaman hias Zebra paling baik tumbuh di suhu sedang. Idealnya, lokasi tumbuhnya bersuhu sekitar 15 derajat Celsius ke atas dan dalam kondisi lembap.

 

 

5. Pupuk

 

Seperti layaknya tanaman hias lainnya, penggunaan pupuk sangat bermanfaat bagi tanaman Zebra. Pupuk juga bisa membuat tanaman hias zebra jadi berbunga.

 

Selama musim tumbuhnya atau awal musim kemarau, tanaman hias zebra harus diberi pupuk setiap satu atau dua minggu sekali. Kita bisa menggunakan pupuk yang cocok untuk dedaunan dan bunga.

 

 

 

Itu dia beberapa hal yang bisa Teman Kelaskita perhatikan jika ingin merawat tanaman hias Zebra. Baca juga tips merawat tanaman hias lainnya di sini. Jika Teman Kelaskita ingin tahu lebih dalam lagi soal merawat tanaman hias, kamu bisa mengikuti kelasnya yang akan segera tayang di Kelaskita.(Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

731
2
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.