LAINNYA

5 Tips Mencari Tempat Magang

Karena pengalaman yang kita dapatkan selama magang akan sangat berguna di masa depan.

Kerja magang memiliki banyak manfaat bagi kita, terutama para mahasiswa. Mulai dari mendapatkan pengalaman, penerapan ilmu, bersosialiasi dan berorganisasi, sampai belajar membangun relasi bisa kita raih dari magang.

 

Untuk itu, carilah tempat magang yang memang suportif untuk kemajuan kita. Nah, berikut ini ada beberapa tips mencari tempat magang yang tepat. Disimak ya!

 

1. Cari tau tentang perusahaan

Mencari tau mengenai perusahaan sangat penting dilakukan sebelum mulai magang.

Di mana lokasi perusahaan, bagaimana akses ke sana, seperti apa latar belakang perusahaan tersebut, bergerak di bidang apa saja perusahaan itu, dan laon sebagainya.

 

Selanjutnya kita bisa mencari tahu prosedur penerimaan magang, posisi yang dibutuhkan, fleksibilitas jadwal kerja, sampai sistemnya apakah magang dibayar atau tidak. 

 

2. Sesuaikan dengan background pendidikan

Sebisa mungkin sesuaikan posisi magang yang kita lamar dengan latar belakang pendidikan dan peminatan.Karena dengan begini kita bisa mempraktikkan ilmu dan teori yang selama ini didapat di kampus.

 

Selain itu, kita juga akan mendapat gambaran tentang peluang karier yang mungkin bisa ditekuni setelah lulus nanti dan bermanfaat untuk mendukung pengalaman kerja dalam profil pada CV-mu kelak.

 

3. Tentukan durasi magang

Cari tau kebijakan waktu magang di perusahaan tersebut, dan pastikan kita sudah menentukan dari awal apakah ingin magang 3 bulan, kurang dari 3 bulan atau maksimal sampai 6 bulan. Lalu ketahui sistem kerjanya full time, part time, atau freelance.

 

Sebagai mahasiswa magang, kita harus mempunyai tujuan jelas yang nantinya bisa disepakati kedua belah pihak supaya tidak saling merugikan.

 

4. Siapkan CV

Setelah memiliki target perusahaan yang akan kita lamar, langkah selanjutnya adalah menyiapkan curriculum vitae alias CV. Siapkan juga surat pengantar dari instansi pendidikan, serta portofolio apabila diminta. Buat CV kita serapih dan semenarik mungkin agar kesempatan dipanggil interview lebih besar.

 

 

Itu dia tips mencari tempat magang yang bisa coba dilakukan. Satu hal yang perlu diingat, magang merupakan bagian dari pembelajaran di dunia kerja. Pengalaman yang kita dapatkan selama magang akan sangat berguna di masa depan, berapa pun upah yang dibayarkan. Namun demikian, tetap batasi load pekerjaan agar terhindar dari eksploitasi. Selamat mencari tempat magang! (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

152
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.