FILM

5 Tips Memulai Investasi Saham buat Anak Muda

Yuk belajar investasi sejak dini untuk masa depan yang lebih baik.

Teman Kelaskita, salah satu hal yang sebaiknya kita lakukan selagi masih muda adalah belajar berinvestasi. Mulai investasi sejak dini akan memberikan kita banyak manfaat di masa depan. 

 

Apalagi saat ini ada banyak produk investasi yang menawarkan dengan modal awal yang relatif terjangkau, seperti investasi reksadana, pendanaan di fintech peer to peer lending, dan lain sebagainya.

 

Nah, buat Teman Kelaskita yang ingin mencoba investasi saham, berikut ini ada beberapa tips memulai investasi saham bagi anak muda. Coba disimak ya!

 

 

1. Pastikan biaya hidup sudah aman

 

Sebelum mulai berinvestasi, kita harus pastikan biaya hidup sehari-hari kita sudah aman. Jika keuangan kita belum aman, sebaiknya kita menabung dulu untuk mencukupi dana darurat kita. Berinvestasilah dengan uang lebihan yang tidak akan kita gunakan dalam waktu dekat. Yang wajib diingat, kita harus disiplin dan hindari berutang untuk berinvestasi saham. 

 

 

2. Buat rekening efek

 

Saat ini,kita bisa berinvestasi saham ataupun reksadana melalui platform-platform digital. Kita cukup meng-install dan mendaftarkan diri di aplikasi online trading ini, kemudian kita akan dibukakan rekening efek dan bisa mulai bertransaksi. Pilihlah aplikasi dari sekuritas yang terpercaya.

 

 

3. Investasi sesuai kemampuan

 

Sesuaikan kemampuan ketika ingin membeli saham dan jangan pernah memaksakan diri membeli saham yang harganya di luar budget kita. Jika ingin berinvestasi di saham blue chip, misalnya, kita bisa memilih yang harganya paling terjangkau dan sesuai dengan kantong kita.

 

 

4. Teliti dan Sabar

 

Sebagai investor, pasti kita akan tergoda untuk menjual ketika nilai saham semakin naik. Jika memang ada kebutuhan saat itu atau memang ada rencana untuk diinvestasikan ke saham yang lain, tidak masalah. Tapi kalau belum ada rencana, bersabarlah dan terus konsisten berinvestasi.

 

 

5. Belajar

 

Penting untuk memahami dengan baik mengenai dunia saham ini. Jadi sebisa mungkin pelajarilah mengenai seluk beluk saham ini, seperti mendalami analisis teknikal dan fundamental, mengetahui kondisi pasar, update info terkini melalui media, atau bertukar pengalaman dengan grup investor atau bertanya kepada ahli saham berpengalaman. 

 

 

Itu dia 5 tips menabung saham yang bisa dicoba. Selamat berinvestasi!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

253
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.