DESAIN

5 Tips Memilih Laptop untuk Desain Grafis

Agar jangan salah pilih, simak dulu tips memilih laptop untuk desain berikut ini.

Selain skill dan taste, salah satu aset yang perlu dimiliki seorang desainer grafis adalah piranti untuk mengerjakannya, seperti laptop. Namun jangan salah, tidak semua laptop bisa dipakai untuk keperluan desain grafis. Ada beberapa spesifikasi yang setidaknya harus dimiliki agar pekerjaan desain dapat berjalan dengan lancar.

 

Nah, supaya tidak salah pilih, berikut ini ada beberapa tips sebelum memilih laptop untuk desain grafis:

 

1. Layar monitor

Untuk keperluan desain grafis, layar sangat penting untuk diperhatikan. Dengan memilih ukuran layar besar, memudahkan proses pengerjaan suatu desain. Minimal ukuran layar yang cocok untuk desain grafis adalah 1920 x 1080 (full HD).

 

Jenis layar juga bisa mempengaruhi tingkat kenyamanan mata. Direkomendasikan untuk jenis layar monitor IPS, yang mampu merealisasikan warna mendekati objek nyata.

 

2. Prosesor

Dalam menjalankan aplikasi-aplikasi software desain grafis yang cukup berat, tentu kita harus memilih prosesor yang bagus. Prosesor Intel sudah tidak perlu diragukan lagi kualitasnya, kamu dapat menggunakan Intel Core i5 ke atas dengan generasi terkini.

 

3. VGA

Agar hasil visual yang ditampilkan pada layar monitor maksimal, kita tidak boleh sembarangan dalam memilih VGA. Pastikan kita mencari laptop dengan VGA tidak didalam on-board. Hal itu dikarenakan VGA on-board, akan berbagi kinerjanya dengan RAM laptop. Hal ini menyebabkan laptop menjadi lambat saat proses editing.Untuk rekomendasi Graphic Card, kamu dapat memilih seperti Nvidia GeForce dengan memori 2GB ke atas.

 

4. RAM

Agar seimbang dengan prosesor dan vga, laptop yang kita pilih setidaknya memiliki RAM 8GB dengan model DDR4. Usahakan laptop kamu juga memiliki slot RAM tambahan, agar dapat meng-upgrade saat ingin menambah kapasitas RAM.

 

5. Hardisk

Sebagai desainer grafis, tentu memerlukan penyimpanan yang cukup besar dalam menyimpan proyek-proyek dan software desain. Hardisk tipe SSD lebih direkomendasikan karena lebih cepat dalam bekerja, hanya saja harganya lebih mahal ketimbang hdd biasa. 

 

 

Nah, itu dia beberapa tips untuk memilih laptop yang ideal untuk desain grafis. Jangan sampai salah beli dan kecewa kemudian. Selamat berburu laptop ideal! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

130
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.