BISNIS

5 Tips Membuka Usaha Travel di Rumah

Ingin coba memulai bisnis travel agent dari rumah? Simak beberapa tips berikut ini.

Seiring menurunnya angka pandemi Covid-19, industri pariwisata kembali bergairah. Ini artinya, membuat travel agent bisa menjadi salah satu pilihan bisnis yang menjanjikan.

 

Buat yang belum tau, kita bisa memulai usaha travel ini dari rumah lho. Kalau tertarik, berikut ini tips membuka bisnis travel dari rumah.

 

1. Pilih model bisnis

Kamu bisa menentukan model usaha yang ingin kamu jalani. Kamu bisa memilih sebagai agen rujukan, agen tuan rumah, atau memulai bisnis travel independen dari awal.

 

Agen rujukan, adalah bagaimana kamu akan merujuk klien ke perusahaan travel dan menerima biaya rujukan untuk setiap orang yang membuat reservasi.

 

Agen tuan rumah, kamu akan menggunakan kontak agen tuan rumah untuk memesan reservasi dengan berbagai perusahaan dan menerima komisi agen travel untuk pemesanan.

 

Agen travel independen, kamu harus membuat kontak sendiri dan menegosiasikan komisi untuk pemesanan. Pastikan juga menegosiasikan biaya dan komisi pada pihak yang terkait.

 

2. Tentukan target pasar

Fokus pada jenis perjalanan yang ingin kamu jual atau menjadi agen perjalanan khusus. Hal ini akan lebih memudahkan kamu untuk menargetkan jenis pelanggan tertentu.

 

3. Buat rencana bisnis

Pastikan membuat rencana yang detail untuk tetap berada di dalam jalur dan mendapatkan keuntungan yang semakin signifikan seiring waktu. Hal ini meliputi biaya awal dan bagaimana mendanai bisnis.

 

4. Promosi

Buatlah situs web atau akun media sosial untuk memberitahu kepada calon klien mengenai layanan travel yang kamu miliki. Dengan hal tersebut dapat memudahkan bisnis mu menyebar secara luas baik online ataupun offline.

 

5. Bergabung dengan asosiasi travel

Setelah bisnis berjalan, kita bisa bergabung dengan asosiasi travel. Keanggotaan asosiasi perjalanan ini dapat meningkatkan citra bisnis travel dan membuka komisi dan peluang pelatihan.

 

Itu dia beberapa tips yang bisa dilakukan jika Teman Kelaskita ingin mencoba bisnis travel agent dari rumah. Jangan lupa melakukan riset lebih dalam sebelum terjun langsung ke bisnis ini ya. (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

129
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.