KEUANGAN

5 Tips Investasi Emas untuk Pemula

Agar tidak salah, baca dulu beberapa tips sebelum melakukan investasi emas untuk pemula berikut ini ya, Teman Kelaskita.

Investasi emas bisa dibilang salah satu jenis investasi yang cocok buat para pemula. Karena selain konsepnya paling mudah dimengerti, emas merupakan aset yang harganya memiliki kecenderungan naik serta jarang mengalami penurunan dalam jumlah yang signifikan. 

 

Namun, sebelum mulai berinvestasi ada baiknya ada mengetahui beberapa tips investasi emas bagi pemula. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

 

1. Pastikan tujuan investasi emas 

Sebelum memulai investasi emas, pastikan kita tahu untuk apa tujuan kita berinvestasi. Apakah untuk tabungan pernikahan, pendidikan, modal bisnis di masa depan, investasi hari tua, atau apa? Jika sudah memiliki tujuan yang jelas seperti ini maka kita akan lebih tahu berapa besaran ideal yang harusdiinvestasikan setiap bulannya. 

 

2. Pantau harga emas secara berkala 

Selalu pantau perkembangan harga emas secara berkala. Meski dikenal sebagai alat investasi yang paling stabil, terkadang emas juga mengalami penurunan harga. Meski jarang, tidak ada salahnya untuk membelinya. Kita juga bisa menjualnya saat harga emas melonjak tinggi. Namun perlu dipahami bahwa investasi emas sebaiknya dilakukan untuk jenis investasi jangka panjang yakni dalam kurun waktu 5-10 tahun. 

 

3. Beli emas di tempat yang terpercaya 

Belilah emas di tempat-tempat yang menjual secara resmi dan terpercaya, yang juga menyertakan surat-surat dan sertifikatnya karena ada penjual emas yang menyediakan logam mulia tersebut dengan cara cepat namun tidak disertakan dengan sertifikat. 

 

4. Simpan di tempat aman 

Selanjutnya cara investasi emas yang mudah diikuti oleh pemula ada perhatikan tempat penyimpanannya. Salah satu tips atau cara investasi emas adalah Kita juga harus mengerti tempat penyimpanan emas yang aman. Yang paling mudah ialah menyimpannya di rumah sendiri di dalam brankas atau safety box. 

 

Jika merasa kurang aman Kita juga bisa menyimpannya di Safe Deposit Box (SDB) yang ditawarkan pihak bank. Tentunya jika memilih untuk menggunakan SDB, ada biaya tambahan yang diperlukan. Harga untuk menggunakan SDB relatif tergantung dengan bank masing-masing. Untuk SDB sendiri selain emas bisa juga dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang maupun surat-surat berharga lainnya seperti sertifikat rumah atau tanah. 

 

5. Fokus masa depan 

Investasi emas sangat cocok sebagai investasi jangka panjang sehingga hasilnya baru terasa setidaknya 5-10 tahun mendatang. Ingat, investasi berbeda dengan jual beli yang memang bertujuan untuk mencari keuntungan dalam waktu singkat. Karena itu dalam berinvestasi emas, Kita harus fokus terhadap tujuan dan masa depan yang ingin Kita capai.


Itu dia beberapa tips investasi emas untuk pemula yang bisa dilakukan. Selain emas batangan, kita juga bisa melakukan trading emas derivatif lho. Kalau penasaran apa itu dan bagaimana caranya, kamu bisa ikutan kelas “Cara Aman Memulai Trading Emas Derivatif Untuk Pemula” yang dibawakan oleh Dedi Prasetyo, Business Development Manager ICDX. (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

139
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.