LAINNYA

5 Tips Antisipasi Serangan Banjir

Banjir mulai mengintai beberapa daerah, untuk Teman Kelaskita yang tinggal di area rawan banjir, jangan lupa lakukan ini ya!

Hujan lebat berpotensi banjir kembali melanda sejumlah daerah di Indonesia. Untuk Teman Kelaskita yang rumahnya berada di daerah rawan banjir, harus lebih waspada dan antisipatif terhadap kemungkinan serangan banjir ini. 

 

Untuk itu, berikut ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk antisipasi dan menjaga barang-barang di rumah tidak rusak karena terendam banjir.

 

1. Amankan dokumen penting

Amankan dokumen-dokumen penting yang tersimpan di rumah. Seperti akta kelahiran, ijazah, surat kepemilikan, surat kendaraan bermotor, surat keterangan, dan sebagainya. Simpan dokumen-dokumen penting ini di tempat yang aman dari banjir.

 

2. Amankan barang elektronik

Barang elektronik seperti kulkas, tv, mesin cuci dan sebagainya mudah rusak jika terendam air. Barang-barang ini juga bisa memicu korsleting listrik. Letakkan barang-barang ini pada tempat yang tinggi dan terhindar dari banjir misalnya di lantai 2 rumah Anda.

 

3. Simpan barang-barang berharga

Selain surat berharga, simpan juga barang-barang berharga seperti uang dan perhiasan pada tempat yang aman dari banjir. 

 

4. Bersihkan saluran air

Hal ini juga penting sebagai tindakan preventif. Pastikan saluran air di rumah kita bersih dan terbebas dari hal-hal yang dapat menyebabkan banjir. Saluran air yang tidak lancar karena mampat oleh sampah dapat membuat banjir semakin parah.

 

5. Persediaan makanan

Siapkan persediaan makanan untuk satu minggu. Kita bisa menyetok beras, telur, mi instan dan sebagainya. Stock makanan-makanan ini penting untuk mengantisipasi jika banjir mengepung rumah.

 

 

Itu dia beberapa tips untuk mengantisipasi banjir yang bisa kita lakukan agar barang-barang di rumah tetap aman. Stay safe ya, Teman Kelaskita! (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

186
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.