OTOMOTIF

5 Tanda Air Radiator Mobil Habis

Jangan sampai air radiator mobil habis jika tidak ingin mobil mengalami kerusakan. Simak beberapa tanda-tandanya berikut ini.

Radiator memiliki fungsi penting bagi kelangsungan mesin mobil. Karena hampir seluruh sistem yang perlu didinginkan dalam kinerja mobil memanfaatkan air radiator. Oleh karena itu, jangan sampai kejadian air di radiator mobil kita habis, yang bisa membuat terjadinya overheating yang bisa menyebabkan mesin mati. 

 

Nah, agar tidak terjadi hal yang diinginkan, kita perlu memperhatikan kondiri air radiator. Berikut ini adalah tanda-tanda jika air radiator kurang atau habis:

 

1. Timbulnya suara mesin yang kasar

Ketika air radiator habis atau sangat kurang, biasanya munculnya suara kasar dari bagian mesin. Suara ini muncul karena mesin terlalu panas sehingga sistem pembakaran pun terpengaruh. Ketika mendengarkan suara ini, segera berhenti dan cek air radiator ketika mesin mulai dingin. 

 

2. AC jadi kurang dingin

Kekurangan air radiator juga bisa menyebabkan AC mobil kurang dingin meski sudah dinyalakan dalam waktu lama. Apalagi jika kondisi freon kita masih normal. Penyebabnya adalah putaran kompresor AC berhenti karena mesin menghentikannya otomatis akibat panas.

 

3. Indikator suhu mesin mendekati merah

Bila air radiator berkurang bahkan habis, jarum indikator suhu udara akan bergerak ke arah warna merah. Iniartinya sistem pendingin tidak bisa menstabilkan panas dari mesin secara keseluruhan. Sebelum jarum sampai ke warna merah, sebaiknya kita harus langsung menambahkan air radiator.

 

4. Muncul uap air dari kap mesin

Tanda air radiator mobil habis yang paling berbahaya adalah muncul uap dari dalam kap mesin. Uap ini menandakan penguapan dari air radiator yang berlebihan. Sebagian besar penyebabnya adalah karena kebocoran. Apabila rutin menambahkan air radiator maka kebocoran ini akan lebih dini terdeteksi dan tidak terjadi kerusakan yang lebih parah.

 

5. Mesin mengalami penurunan tenaga

Penurunan tenaga dapat terjadi ketika mobil dipacu dalam rpm yang tinggi. Kita akan merasakan mobil lebih berat padahal sudah menginjak pedal gas lebih dalam. Akselerasi yang menurun ini tentu akan mengganggu performa kendaraan. Hal ini juga bisa disebabkan jika air radiator habis. Namun jika setelah diisi air radiator mobil tetap tidak bertenaga, artinya ada masalah lain yang perlu dicek.

 

 

Itu dia 5 tanda-tanda jika air radiator mobil kita habis. Jangan sampai lengah dan tetap lakukan perawatan secara berkala ya! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

221
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.