OLAHRAGA

5 Pose Yoga untuk Berhenti Merokok

Ternyata ada beberapa pose yoga yang bisa membantu kita untuk menghentikan kebiasaan merokok.

Selain manfaat fisik, melakukan yoga juga dipercaya bisa membantu meningkatkan ketenangan dan kesadaran kita. Salah satu manfaat yoga yang bisa dicoba adalah untuk membantu kita menghentikan kebiasaan merokok.

 

Hubungan antara yoga dengan menghentikan kebiasaan merokok ini didukung penelitian yang berjudul Acute effects of aerobic exercise and Hatha yoga on craving to smoke

 

Setidaknya, ada lima pose yoga yang bisa diterapkan untuk membantu kita berhenti merokok. Ini dia daftarnya:

 

 

1. Kapalbhati pranayama

 

 

Sumber foto: wanita22.com

 

Melakukan pose Kapalbhati ini bisa membantu tubuh mendetoksifikasi diri dengan mengeluarkan racun seraya bernapas. Selain meningkatkan sirkulasi darah, bentuk yoga ini meremajakan sistem saraf dan sel-sel otak. Di sini peran yoga menenangkan pikiran dan membantu menahan keinginan untuk merokok.

 

Cara melakukannya cukup mudah yakni duduk bersila dengan menegakkan tulang belakang. Kondisi telapak tangan terbuka dan letakkan di atas lutut. Tarik napas dalam-dalam. Saat mengeluarkan napas, tarik perut sedalam mungkin dan letakkan tangan kanan di perut untuk merasakan kontraksi otot-otot. Dengan demikian udara akan mengalir ke paru-paru. Ulangi langkah ini sebanyak 20 kali. Kemudan relaksasikan dengan mata tertutup dan rasakan sensasinya.

 

 

2. Bhujangasana

 

 

Sumber foto: parenting.firstcry.com

 

Ini adalah pose yang biasanya direkomendasikan untuk penderita penyakit pernapasan. Postur tubuh seperti ini membantu memperluas dada, mengurangi kelelahan, dan meningkatkan sirkulasi darah. Dengan demikian membantu menghilangkan stres dan menurunkan keinginan untuk merokok.

 

Caranya adalah dengan berbaring di atas perut dengan posisi kaki rapat dan jari-jari tegak menyentuh lantai. Letakkan tangan sejajar bahu dan biarkan dahi atau kening menyentuh lantai juga. Tarik napas dalam-dalam seraya perlahan angkat kepala dan dada lalu ayunkan hingga menghadap ke atas atau langit. Tahan posisi ini selama 60 detik, kemudian buang napas. Tarik napas dalam-dalam kembali dengan posisi kepala tetap mendongak kemudian kembali ke posisi semula sembari menghembuskan napas. Ulangi 3-5 kali.

 

 

 

3. Sarvangasana

 

 

Sumber foto: rishikulyogshala.org

 

Mendudukkan bahu pada pose Sarvangsana dipercaya membantu fungsi semua organ. Pose ini dianggap sebagai salah satu asana yoga yang paling bermanfaat karena membantu sel-sel otak dengan meningkatkan sirkulasi darah.

 

Caranya yakni dengan berbaring telentang dengan tangan di samping. Angkat kedua kaki perlahan ke atas membentuk sudut 90 derajat . Setelahnya angkat bokong dan punggung ke arah serupa untuk meninggikan kaki. Bantu dengan kedua tangan di mana posisi siku menyentuh lantai. Angkat tumit, lalu arahkan jari-jari kaki ke atas dan tekan dagu ke dada. Tahan selama 30 detik.

 

Kemudian perlahan kembalikan posisi dengan menekuk lutut, lepaskan tangan dari pungguung dan letakkan ke lantai dengan posisi telapak tangan menghadap ke bawah. Kemudian kembalikan posisi tulang belakang dan diakhiri dengan mengembalikan posisi kaki. Relaksasi selama 60 detik sebelum mengulangi pose ini.

 

 

4. Shishuasana

 

Sumber foto: timesnownews.com

 

Pose ini membantu merelaksasikan tubuh, menenangkan sistem saraf, dan mengurangi ketegangan sertastres. Menurut penelitian, dengan kita merelaksasikan seluruh tubuh dan pikiran, keinginan untuk merokok akan berkurang secara alami.

 

Caranya melakukannya adalah kita duduk dengan tumit, tekuk tubuh ke depan dan turunkan dahi. Posisi kedua tangan berada di samping tubuh dengan telapak tangan terbuka. Tekan dada pada paha lalu kembali ke posisi semula.

 

 

5. Shavasana

 

 

Sumber foto: timesofindia.indiatimes.com

 

Pose ini merupakan sesi akhir setiap gerakan yoga, yang membutuhkan banyak konsentrasi. Shavasana membantu mengurangi kecemasan dan tekanan darah tinggi serta bermanfaat dalam meremajakan tubuh yang  membantu orang membatasi kebiasaan merokok.

 

Caranya kita berbaring telentang. Biarkan kaki dan telapak tangan dalam kondisi terbuka rileks, dan bernafaslah secara teratur. Setelah 10-20 menit, putar ke sisi kanan untuk perlahan-lahan duduk dengan nyaman. Tutup mata dan tarik napas kembali dan keluarkan napas diikuti gerakan membuka mata.

 

 

Nah itu dia beberapa pose yoga yang bisa kita lakukan untuk membantu menghentikan kebiasaan merokok. Selamat mencoba dan terus semangat menjalani gaya hidup sehat! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

168
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.