PSIKOLOGI

5 Mindset yang Harus Dimiliki Saat Mencari Kerja

Dengan mindset yang tepat, proses pencarian kerja kita akan lebih efektif.

Pandemi mengubah seluruh aspek kehidupan, termasuk di dunia kerja. Begitu juga buat fresh graduate yang baru akan mulai meniti karier, pandemi ini memberi tantangan lebih dalam proses pencarian kerja.

 

Meski begitu, untuk kamu freshgraduate yang sedang mencari kerja, tetaplah semangat dan coba miliki lima mindset ini:

 

 

1. Job seeker tidak berarti jobless

 

Menjadi job seeker sering dianggap sebagai pengangguran karena belum bekerja di suatu perusahaan atau instansi tertentu. Karena salah satu tujuan bekerja adalah mendapatkan uang, banyak job seeker yang berpikiran bahwa hanya dengan bekerja di kantor maka kita akan mendapatkan penghasilan. 

 

Padahal pola pikir tersebut sudah ketinggalan zaman. Kamu perlu membuka wawasan bahwa mencari uang tidak hanya bekerja di kantor sebab banyak sumber pemasukan lainnya. Kamu dapat memulainya dengan menjadi freelancer dari skill yang kamu miliki.

 

 

2. Selalu produktif

 

Produktif tidak sama dengan harus dengan bekerja. Kegiatan di rumahpun bisa kamu manfaatkan dengan produktif. Hal yang bisa kamu lakukan adalah self-development dengan belajar ilmu atau skill baru, membaca buku, mengikuti webinar atau pelatihan online.

 

Meskipun tidak semuanya memberimu penghasilan, namun investasi tertinggi adalah bagaimana pola pikirmu terus berkembang dengan disiram dengan beragam ilmu. Nantinya semua ini akan bermanfaat di segala aspek kehidupanmu dimasa sekarang maupun mendatang, percaya deh! 

 

 

3. Melihat peluang karier yang ada

 

Kamu perlu untuk melakukan riset terhadap perusahaan dan posisi yang terbuka beserta jobdesk-nya. Kamu tidak harus selalu terpaku pada lowongan yang kamu anggap sesuai latar belakang pendidikan dan passionyang kamu miliki. 

 

Realita yang perlu dipahami bahwa tidak harus setiap orang bekerja sesuai passion-nya, asal ada aspek lain yang masih berhubungan dengan kemampuan diri, maka ambillah kesempatan tersebut. Kamu bisa mengambil management trainee atau lowongan di mana fresh graduate bisa mendaftar. 

 

 

4. Menciptakan peluang dengan mulai berbisnis

 

Jika memang peluang pekerjaan yang kamu lamar tidak kunjung menunjukkan pencerahan, bisa saja kini saatnya kamu menciptakan peluang kerja sendiri. Membangun bisnis bisa menjadi pilihan tepat di masa pandemi, asalkan kamu mau melakukan riset pasar dan berani memulainya. Jangan lupa untuk selalu tingkatkan kreativitas dan berinovasi pada produkmu. Meskipun awalnya sulit, tapi jika dijalanin dengan sungguh-sungguh, pasti selalu ada jalan menuju sukses.

 

 

5. Memulai personal branding sejak kini

 

Fresh graduate memiliki pesaing yang cukup banyak dari job seeker dengan beragam kemampuan hingga pengalaman yang menakjubkan. Oleh karena itu, kamu juga harus mampu bersaing dengan menonjolkan kemampuanmu agar dapat dilirik oleh HRD karena nilai lebih dalam dirimu. Salah satunya adalah denganmelakukan personal branding di media sosial, baik itu Instagram, LinkedIn, website pribadi dan lainnya. 

 

 

 

Itu dia 5 mindset yang bisa kita terapkan di masa-masa mencari pekerjaan. Penting untuk kita bisa selalu cerdik mengubah hambatan menjadi peluang. Selamat berusaha dan semoga berhasil! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

202
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.