KEUANGAN

5 Keuntungan Menabung Emas

Bukan sekadar perhiasan, emas merupakan instrumen investasi yang dipercaya paling stabil saat ini.

Di masa pandemi ini, selain menyimpan dana darurat, satu hal yang berguna juga selama masa ketidakpastian ekonomi adalah memiliki tabungan emas. Alasannya tentu karena emas merupakan instrumen investasi yang dipercaya paling stabil.

 

Nah, kira-kira apa saja sih alasan lain kenapa menabung emas bisa jadi pertimbangan bijak untuk kita lakukan sejak dini? Coba disimak ya.

 

1. Permintaan tinggi dan bersifat universal

 

Emas tidak akan kehilangan nilai intrinsik dan akan selalu dikenal, dihargai di mana-mana, dan memiliki peminat yang tinggi. Hal ini dipengaruhi oleh sifat universalitas yang dimilikinya. Dengan kata lain, berinvestasi emas akan memberikan keamanan finansial dan kepastian daripada berinvestasi pada aset lain. 

 

2. Tahan inflasi 

 

Tidak seperti investasi lain, emas terbukti tahan terhadap inflasi. Meski nilai mata uang suatu negara meningkat atau menurun, emas memiliki nilai yang stabil. Bahkan, emas juga terbukti memiliki ketahanan kinerja yang baik selama kehancuran ekonomi dunia. 

 

3. Tingkat likuiditas yang tinggi 

 

Emas memiliki likuiditas yang cukup tinggi bila dibandingkan dengan sebagian besar aset lainnya. Emas sangat dihargai, sehingga sangat mudah untuk mencairkannya menjadi uang tunai. 

 

4. Dapat diwariskan

 

Emas memiliki kestabilan nilai yang bisa dimanfaatkan sebagai aset masa depan. Bahkan, kita dapat menurunkan aset ini ke anak atau cucu di masa depan nanti. Sementara itu, nilai emas akan terapresiasi dari waktu ke waktu karena kelangkaan dan sebagainya. 

 

5. Praktis dan terjangkau

 

Kalau dulu investasi emas cuma sebatas kepemilikan fisik aja, sekarang nabung emas juga bisa dilakuin secara digital. Melalui berbagai platform digital yang tersedia saat ini, kita bisa memulai investasi emas secara online dengan praktis, mudah, aman, dengan investasi yang terjangkau karena pembelian bisa dilakukan mulai 0.01 gram. Tapi jangan lupa, pastikan kita menabung emas di platform terpercaya yang sudah terdaftar resmi ya. (Erick)

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

332
1
Simpan
Share

Komentar

Senin, 16 Oktober 2023 07:01

Papa Jahat

nace

Sabtu, 15 Juli 2023 19:30

nur cahyo

y

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.