LAINNYA

5 Karier Paling Dicari Selama Pandemi

Selama pandemi, beberapa profesi dan karier “naik daun” dan banyak dicari oleh perusahaan. Berikut ini adalah 5 di antaranya.

Pandemi membawa perubahan bagi beberapa aspek dalam kehidupan kita. Salah satunya dalam dunia kerja atau profesional yang hampir seluruh aktivitasnya beralih ke sistem daring (online).

 

Dengan dinamisnya dunia kerja atau profesional yang terus berubah seiring berjalannya waktu, ada beberapa bidang karier yang saat ini tengah banyak dicari oleh perusahaan selama pandemi berlangsung. Ada apa saja? Berikut ini 5 di antaranya:

 

1. Software Engineer

Selain menulis coding dalam sebuah program, software engineer bertugas untuk menganalisa, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, hingga memvalidasi rancangan perangkat lunak. Seorang software engineer minimal harus menguasai beberapa bahasa pemrograman seperti, Java, Phyton, dan Ruby.

 

2. UX Designer

UX (User Experience) designer bertanggung jawab atas kepuasan pengguna saat mengunjungi suatu platform. Untuk itu, seorang UX designer wajib melakukan riset-riset tertentu berdasarkan pengalaman pengguna. Hal ini dibutuhkan untuk menyesuaikan prefensi yang dibutuhkan para pengguna.

 

3. Product Manager

Seorang product manager bertanggung jawab atas perencanaan dan pengembangan sebuah produk. Perencanaan produk dibutuhkan agar produk tertentu mempunyai daya tarik dan daya jual yang tinggi. Sebab itu, memiliki ide revolusioner yang tinggi menjadi kemampuan dasar yang harus dimiliki product manager.

 

Selain itu, product manager juga bertanggung jawab membawahi dan mengarahkan seluruh tim agar strategi penciptaan produk dapat berjalan dengan lancar. Hal ini bertujuan untuk bisa membuat produk dan akan mengevaluasinya setelah produk selesai.

 

4. Researcher

Researcher atau peneliti akan selalu dibutuhkan dan bergandengan dengan berbagai bidang. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, di mana segala sesuatu bisa berubah drastis dengan sangat cepat, sehingga membutuhkan penelitian yang selalu update. 

 

5. Data Analyst

Seorang data analyst memiliki tugas dalam data cleaning, menganalisis data tersebut, dan membuat visualisasi data, yang nantinya hasil olah data tersebut dapat digunakan menjadi instrumen bisnis di masa depan.

 

Keahlian yang harus dimiliki oleh seorang data analyst adalah memiliki keahlian di bidang bisnis dan komunikasi. Hingga memahami bahasa pemrograman seperti, SQL, Excel, MySQL, PostGre, dan tools pembuat infografik atau grafik yang menarik.

 

 

Itu dia beberapa karier pekerjaan yang populer dan banyak dicari selama pandemi ini. Tentunya masih banyak profesi lain yang juga dibutuhkan. Yang pasti, setiap individu saat ini penting banget untuk meng-upgrade skill dan pengetahuan yang dimiliki untuk bisa terus bersaing.

 

Nah, kalau Teman Kelaskita ada skill spesifik yang lagi pengen banget dipelajari saat ini, nggak? Kalau ada, coba dong kasih tau kita. Kamu bisa sekalian berkesempatan untuk menangin saldo ShopeePay dan paket dari Kontur Kopi dengan ikutan giveaway dari Kelaskita. Caranya ya itu tadi, cukup kasih tau kita skill atau pelajaran apa yang pengen banget kamu dalami saat ini. Yuk ikutan! (Erick)

 

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

138
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.