TRAVELING

5 Destinasi Wisata Pantai di Jakarta yang Paling Top

Tahu nggak sih kalau ada sederet pantai berbeda di DKI Jakarta dan sekitarnya? Kamu yang tinggal di ibukota mungkin sudah sering berwisata ke salah satu pantai di Jakarta ini, atau bahkan sudah mengunjungi semuanya? Yuk cari tahu pantai apa saja itu.

Pantai di Jakarta

Meski termasuk kota metropolitan dengan deretan gedung pencakar langit dan mal-mal besar, ternyata Jakarta juga menyimpan banyak tempat menarik lain yang bisa dikunjungi, pantai misalnya. Pantai masih menjadi salah satu daerah tujuan wisata favorit untuk banyak orang. Betapa tidak, keindahan laut yang membentang dengan deburan ombak dan angin yang bertiup, adalah godaan alam yang sayang untuk dilewatkan. Belum lagi, hamparan langit yang seolah tanpa batas dengan guratan sinar matahari yang indah, sungguh sebuah pemandangan yang mampu membuat siapa pun yang melihatnya merasa bahagia.
 

Kamu pasti tahu bahwa Indonesia adalah negara kepulauan yang “dikepung” oleh lautan dan dibatasi oleh garis pantai sebagai penanda teritorial. Pantai merupakan sebuah bentuk geografis yang terdiri dari pasir, dan terdapat di daerah pesisir laut. Kalau kamu suka liburan ke pantai, berikut ini beberapa pantai di Jakarta yang bisa masuk ke dalam holiday wishlist kamu.
 

  1. Pantai Ancol 

    Rekomendasi pantai di Jakarta tidak akan lengkap tanpa mencantumkan yang satu ini. Sebut saja pantai Ancol sebagai pantai andalan orang Jakarta. Selain karena lokasinya yang mudah dijangkau di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara, pantai ini juga merupakan salah satu pantai yang dikelola secara profesional dengan berbagai fasilitas penunjang yang memanjakan para pengunjungnya. Jauh sebelum Covid-19 merebak menjadi pandemi di seluruh negeri, dan perlahan setelah era new normal menghampiri, kawasan pantai Ancol selalu diserbu warga, terutama pada akhir pekan dan musim liburan. Tiket untuk masuk ke pantai Ancol juga tergolong murah biayanya mulai dari Rp25ribu saja.


     
  2. Pantai Kepulauan Seribu

    Wilayah Kepulauan Seribu menjadi daerah tujuan wisata yang digandrungi tahun-tahun belakangan ini. Terutama oleh generasi milenial yang gemar berburu tempat-tempat unik dan Instagramable. Kalau kamu termasuk yang menyukai olahraga air, kawasan pantai di Kepulauan Seribu ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu. Baik warga lokal maupun turis mancanegara sangat menggemari kawasan ini. Karena lokasinya yang tak jauh dari pusat kota dan untuk sampai ke sana ada beragam pilihan kapal yang disediakan dan bisa digunakan untuk menyebrang, dengan tiket mulai dari Rp60ribu. 
     
  3. Pantai Carita

    Secara geografis, Pantai Carita merupakan pantai yang berada di luar provinsi DKI Jakarta. Namun keberadaannya yang hanya beberapa jam saja dari Jakarta menjadikan pantai yang berlokasi di kabupaten Pandeglang, Banten ini, salah satu yang bisa dijadikan rekomendasi kalau kamu ingin berkunjung ke pantai di Jakarta dan sekitarnya. Pantai Carita menawarkan bukan hanya pemandangan alam yang menawan dengan kontur lahan yang landai dan pasir putihnya. Tetapi juga, eksplorasi pengalaman biota bawah laut lewat aktivitas seperti diving dan snorkeling. Untuk menikmati pantai Carita, pengunjung mesti merogoh kocek mulai dari Rp20ribu per orang.


     
  4. Pantai Pulau Pari

    Pulau Pari yang berada di wilayah Kepulauan Seribu ini menyajikan sederet pilihan pantai dengan keunikan yang berbeda, di antaranya adalah pantai Kresek, pantai Bintang dan pantai Pasir Perawan. Dijamin kamu nggak akan bosan saat berkunjung ke pulau Pari karena aneka kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan. Mulai dari duduk santai sambil menikmati hembusan angin dan suara merdunya ombak, menjelajahi hutan Mangrove, hingga olahraga air yang memacu adrenalin. Untuk mencapai pantai Pulau Pari, kamu bisa menyebrang dengan menggunakan kapal yang berangkat dari Dermaga Marina di daerah Ancol dengan harga tiket mulai dari Rp200 ribu.
     
  5. Pantai Pulau Bidadari

    Kalau kamu mencari daerah wisata laut dengan nuansa Jakarta Tempo Doeloe, kamu bisa memilih kawasan pantai Pulau Bidadari. Masih berada di wilayah Kepulauan Seribu, sekitar 15 km dari pusat kota, pantai Pulau Bidadari bukan hanya menawarkan pengalaman laut yang indah, tetapi juga wisata sejarah Jakarta. Selain berbagai pilihan penginapan dan juga kegiatan watersport yang seru, di pulau ini juga terdapat Benteng Martello, sebuah benteng peninggalan Belanda dari abad ke-17. Pas banget buat kamu yang suka berfoto estetik. Untuk menyebrang sampai ke pantai Pulau Bidadari, biaya yang dikeluarkan mulai dari Rp350 ribu. Selain itu ada banyak agen travel yang bisa kamu pilih, bila kamu berniat menginap dan mengeksplor lebih jauh wilayah pantai Pulau Bidadari ini.
     

Tips wisata pantai di Jakarta

Jangan lupa untuk memasukan kunjungan ke pantai di Jakarta dalam daftar liburan kamu ya! Nah, sebelum kamu beranjak untuk tur pantai ke pantai, ini ada beberapa tips yang penting untuk kamu perhatikan.
 

  1. Sesuaikan pakaian yang kamu kenakan ketika berada di wilayah pantai. Demi keamanan dan kenyamanan, pastikan kamu memakai baju selam jika ingin melakukan snorkeling atau diving
  2. Sempatkan untuk jelajah kuliner khas wilayah pesisir. Aneka olahan hidangan laut yang menggugah selera dan tentunya lezat mesti banget kamu coba.
  3. Karena dokumentasi adalah kunci ke setiap pintu memori, jadi jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga kamu dengan foto sebanyak-banyaknya ya.


Selagi waktu liburan masih panjang di penghujung tahun, jangan lupa alokasikan waktu kamu untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga tercinta yah!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

87
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.