LAINNYA

5 Cara Masuk ke Industri Video Games

Teman Kelaskita tertarik masuk ke industri video games? Coba lakukan beberapa hal berikut ini.

Ada banyak peluang untuk bekerja di bidang industri video games yang tengah berkembang pesat saat ini. Mulai dari desainer games, games developer, desainer grafis, sampai desainer konsol games bisa jadi beberapa pilihan profesi dan karir di industri video games.

 

Kalau Teman Kelaskita penasaran dan ingin terjun ke industri games ini, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dicoba.

 

1. Coba membuat games sendiri

Ketika ingin melamar pekerjaan atau magang di perusahaan video games, ada baiknya kita menunjukkan portfolio games yang telah kita buat atau modifikasi. Kita bisa menggunakan engine games gratisan yang banyak tersedia saat ini seperti Unreal dan Unity, misalnya. Selain itu, kita juga dapat menggunakan perangkat lunak gratis, seperti Houdini dan Blender, untuk membuat aset gim video seperti bangunan, karakter, kendaraan, dan animasi.

 

2. Ikut kompetisi games

Game jam adalah kontes di mana peserta membuat video games baru dalam jangka waktu yang ditentukan. Ikutan Game jam bisa jadi cara yang bagus untuk bertemu dan bekerja dengan orang lain dalam proyek games dan hanya belajar cara mendesain games.

 

Di sini akan ada perwakilan berbagai perusahaan video game. Perwakilan perusahaan ini berfungsi sebagai mentor, juri, dan pelatih. Mereka dapat memberi kita tips dan trik tentang cara masuk ke industri ini. Mereka juga bisa memberi petunjuk tentang pekerjaan.

 

3. Ikuti kelas dalam desain game

Selain belajar desain game, ada baiknya kita memperkuat basic kita di matematika, fisika, seni dan teknologi sejak dini. Seorang desainer game pasti membutuhkan dasar yang kuat dalam matematika dan statistik. Untuk menyeimbangkan permainan, seorang perancang game menggunakan matematika dan statistik untuk memastikan bahwa tidak ada elemen permainan tertentu-seperti karakter atau strategi tertentu yang mengalahkan elemen lainnya.

 

4. Kritis dengan game yang dimainkan

Mampu melihat game secara kritis dan mengidentifikasi elemen mana yang berfungsi dan mengidentifikasi elemen mana yang berfungsi dengan baik, elemen mana yang dapat ditingkatkan, dan elemen mana yang mungkin bisa digunakan untuk gim kita sendiri akan membantu kita menjadi desainer gim yang hebat. Untuk itu, kita harus memainkan dan menguasai berbagai game untuk memperkaya wawasan dan pengalaman.

 

5. Ikut konvensi games

Ada banyak konferensi games kelas dunia yang rutin digelar. Cobalah untuk memcari tau dan mengikuti berbagai konferensi ini. Konferensi ini memungkinkan peserta untuk mencari tahu tentang game baru, bertemu dengan profesional dari industri game, bermain game, dan menghadiri seminar dan lokakarya tentang topik yang terkait dengan merancang serta mengembangkan gim.

 

 

Nah, itu dia beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan untuk bisa terjun di industri video games ini. Selamat mencoba ya! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

108
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.