OLAHRAGA

4 Tips untuk Pecatur Pemula

Untuk pecatur pemula yang ingin meningkatkan level bermainnya, coba lakukan beberapa tips berikut ini.

Meski mungkin tidak sepopuler olahraga lainnya, catur tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Apalagi saat ini catur bisa dimainkan secara online dan mulai banyak digelar turnamen-turnamen secara online pula.

 

Nah, buat Teman Kelaskita yang ingin meningkatkan skill permainan catur, berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan:

 

1. Banyak berlatih

Seperti halnya atlet olahraga pada umumnya, pemain catur juga harus rajin berlatih agar kemampuannya terus terasah dan meningkat. Dengan terus bermain, akan melatih kita untuk berpikir dan berstrategi dengan cepat

 

2. Belajar dari lawan yang lebih kuat

Saat berlatih, carilah lawan yang lebih tinggi kemampuannya dari kita. Dengan begini kita akan dapat belajar dari kekalahan dan memanfaatkannya untuk memperbaiki dan meningkatkan kemampuan diri. Oh iya, kita bisa memanfaatkan game catur online untuk mencari lawan berlatih catur seperti ini.

 

3. Siapkan strategi pembukaan

Dalam setiap permainan catur, merencanakan strategi pembukaan yang jitu menjadi sangat penting untuk memastikan kemenangan di akhir game. Apalagi jika kita tidak tahu lawan yang dihadapi, tetaplah fokus pada pembukaan kita untuk menjaga pertahanan yang solid dalam menghadapi serangan lawan.

 

4. Jaga Stamina

Meski tidak mengandalkan kekuatan fisik, pemain catur tetap harus menjaga stamina untuk mendukung kemampuan berpikir dengan cepat, tepat, dan fokus saat bertanding. Rutin berolahraga ringan dan istirahat yang cukup setiap hari akan bisa meningkatkan stamina dan fisik kita saat bermain catur.

 

Itu dia beberapa tips bermain catur untuk pemula yang bisa dilakukan. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi grandmaster catur kelak! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

158
1
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.