FASHION

4 Tips Merawat Mesin Jahit

Agar bisa bekerja dengan baik, mesin jahit juga perlu kita rawat.

Teman Kelaskita suka menjahit? Pasti bete dong kalau saat ingin menjahit ternyata mesin yang ingin kita pakai rusak? Nah, untuk mencegah mesin kita dari kerusakan, kita perlu merawatnya dengan baik.

 

Berikut ini ada 4 tips merawat mesin jahit agar tetap bekerja dengan baik. Disimak ya!

 

 

1. Jangan memaksakan mesin bekerja terus menerus

 

Agar awet dan tidak mudah rusak, kita perlu memperhatikan lama pemakaian mesin jahit. Jangan terlalu memaksakan penggunaannya, untuk menjaga dinamo mesin jahit atau komponen di dalamnya tidak cepat rusak. Jadi, pakailah mesin jahit dengan sewajarnya dan istirahatkan mesin jika sudah panas karena kita pakai selama berjam-berjam.

 

 

2. Bersihkan mesin jahit selesai dipakai

 

Saat kita selesai menjahit, selalu ada sisa-sisa benang dan serat kain yang yang tertinggal di mesin. Hal iniakan mengurangi perfoma mesin jahit kita. Karena itu, kita harus rajin membersihkan mesin jahit dari serpihan-serpihan benang maupun serat kain yang mulai menumpuk. Kita bisa menggunakan pinset untuk melakukannya.

 

 

3. Melumasi mesin jahit 

 

Mesin jahit akan bekerja lebih baik jika kita melumasinya secara berkala. Pastikan kita menggunakan minyak khusus mesin jahit. Sesuaikan juga dengan kebutuhan mesin jahit kita, apakah mesin jahit kita elektronik atau manual.

 

 

4. Servis mesin jahit secara berkala

 

Seperti layaknya mesin pada umumnya, mesin jahit juga perlu kita servis secara berkala dengan memanggil ahli terpercaya. Ini untuk menjaga agar mesin kita tetap awet dan tahan lama

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan untuk merawat mesin jahit kita agar awet sehingga bisa mendukung produktivitas harian kita. Kalau ada tips lainnya, coba share di kolom komen ya! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

206
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.