BISNIS

4 Tips Mendirikan Startup untuk Pemula

Coba perhatikan 4 tips ini untuk membangun startup ya, Teman Kelaskita.

Salah satu kunci penting dalam membangun dan mengembangkan startup adalah pengetahuan founder atau pendiri startup akan kebutuhan pengguna mereka. Selain itu, ada ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar suatu startup bisa bertahan di pasar dan bahkan meraih pendanaan. Ada apa saja? Coba disimak ya!

 

1. Storytelling

Biasanya startup yang bagus itu berawal dari pengalaman pribadi/personal atau problem story ini yang kemudian dijadikan inspirasi awal. Oleh karena itu, semua founder startup harus memiliki kemampuan bercerita atau storytelling mumpuni. Cerita atau alasan mengapa membuat sebuah startup inilah yang kemudian disampaikan dengan bahasa yang baik dan tepat ke customer yang berbeda-beda

 

2. Riset produk dan pengguna

Melakukan riset terhadap produk dan target user produk kita sangatlah penting. Lakukan hal ini sekomprehensif mungkin, sehingga data dan bekal informasi yang kita miliki matang. Karena ide dan konsep yang matanglah yang disukai oleh investor. Jangan pernah datang kepada investor dengan ide yang masih mentah. 

 

3. Validasi ke user

Penting untuk melakukan validasi ide kita ke pengguna. Di tahap ini, kita akan lebih berfokus pada masalah apa yang ingin dipecahkan yang sesungguhnya dialami pengguna. Jangan pernah memaksakan sebuah permasalahan untuk menghadirkan solusi.

 

4. Berinovasi untuk mengikuti kebutuhan terkini

 

Sebuah startup harus dinamis, update, dan terus berinovasi mengikuti kebutuhan terkini. Oleh karena itu, startup harus mengamati kebutuhan user secara tepat, sehingga riset pengguna berperan penting dalam hal ini.

 

Itu dia beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membangun sebuah perusahaan rintisan terutama untuk pemula. Semoga bisa membantu dan semoga sukses! (Erick)

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

111
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.