KEUANGAN

4 Tips Beli Perhiasan Emas untuk Investasi

Lakukan ini sebelum membeli perhiasan emas untuk investasi agar tidak salah dan malah rugi.

Saat ini, berinvestasi penting untuk dilakukan setiap orang. Salah satu instrumen investasi yang banyak diminati sampai saat ini adalah emas. Hal ini mengingat tingkat risiko investasi emas yang relatif kecil dan harganya yang terbilang sangat stabil, tentu akan membuat potensi keuntungan semakin besar. 

 

Selain emas batangan dan digital, emas dalam bentuk perhiasan juga cukup banyak dijadikan sebagai pilihan. Tak hanya mudah didapatkan, berinvestasi dalam bentuk perhiasan emas seperti ini memang memiliki keuntungan tersendiri. 

 

Nah, agar investasi yang dilakukan bisa berjalan aman dan menguntungkan, berikut ini ada beberapa tips penting yang perlu dicermati:

 

1. Update harga emas terkini

Sama halnya dengan instrumen lainnya, kamu juga perlu melihat kondisi pasar sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Pastikan untuk mengecek harga pasaran emas terlebih dahulu, sebelum melakukan pembelian. 

 

Kamu bisa memantau harga secara online dan lakukan perbandingan, agar kamu bisa mendapatkan perhiasan emas dengan harga terbaik di pasaran. 

 

2. Cek kadar emas

Perhiasan emas terdiri dari beberapa pilihan kadar yang berbeda, mulai dari kadar 9 karat hingga kadar 24 karat untuk emas yang paling murni. Perbedaan harganya juga akan sangat signifikan. Semakin tinggi kadarnya, maka akan semakin mahal juga harganya. Biasanya emas dengan kadar yang tinggi akan lebih lunak, sehingga hanya hadir dalam bentuk perhiasan yang sederhana saja. 

 

Sebelum membeli, pastikan juga mengetahui harga emas untuk masing-masing kadar tersebut, sehingga kamu bisa merencanakan investasi dengan baik. Kamu juga perlu mempertimbangkan harga jual kembali perhiasan tersebut di masa mendatang. Emas dengan kadar paling tinggi tentu akan memiliki harga jual yang lebih baik dan stabil, seperti layaknya harga jual emas batangan. 

 

3. Cek kondisi emas secara detail

Toko emas bisa saja menjual perhiasan yang sudah dibeli kembali dari pembeli sebelumnya. Selalu ada peluang terdapat noda atau cacat pada perhiasan emas dan kamu harus memperhatikan semua itu. Pastikan cek secara detail pada setiap perhiasan emas yang akan dibeli, sehingga kelak kamu tidak akan mengalami kerugian ketika akan menjualnya kembali. 

 

4. Pilih toko yang terpercaya

Hindari membeli emas di sembarang toko, apalagi jika melakukan pembelian secara online. Selain kualitas perhiasan emas itu sendiri, berbagai hal lainnya juga patut menjadi pertimbangan, seperti potongan penjualanterlalu besar saat akan menjual kembali, atau kesulitan untuk menjualnya di toko emas lainnya.

 

Ditambah lagi, risiko penipuan oleh toko yang tidak jelas kredibiltasnya. MIsalnya dengan memberikan kita emas palsu atau sepuhan. Karena itu, beli perhiasan emas di toko yang sudah bereputasi baik dan bisa dipercaya dan hindari juga tawaran harga emas yang murah dan tidak masuk akal.

 

 

Itu dia beberapa tips yang bisa kita lakukan jika ingin membeli perhiasan emas untuk investasi masa depan. Setelah membeli, tentunya kita wajib untuk merawat aset perhiasan emas kita dengan baik. Hal ini untuk menghindari terjadinya kerusakan yang membuat nilai emas menjadi turun. Kita bisa menyimpan aset perhiasan kita di kotak khusus dan tidak mencampur dengan perhiasan lain agar warna emasnya tetap terjaga. Dengan begitu, nilai investasi kita akan bisa terjaga dan bisa menguntungkan. Selamat berinvestasi ya! (Erick)

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

146
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.