BISNIS

3 Tips Memulai Bisnis Kecil-kecilan di Masa Pandemi

Yuk semangat dan mulai rencanakan bisnis dari sekarang.

Ada yang pengen coba memulai bisnis di masa pandemi ini? Yuklah langsung dijalanin. Tenang, kita bisa mulainya dari kecil kok. Tidak perlu langsung menjalankan bisnis yang rumit dan berskala besar. Kuncinya adalah semangat dan perencanaan yang matang tentunya.

 

Nah, buat yang tertarik mencoba, simak beberapa tips berikut ini untuk persiapan kamu memulai bisnis:

 

1. Mental harus kuat

 

Tidak ada bisnis yang gampang. Proses membangun bisnis tidak akan mudah, bahkan meski kamu sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik sejak awal. Kegagalan demi kegagalan sangat mungkin kamu alami secara berulang, sebelum akhirnya bisnismu bisa mulai berjalan dengan stabil. 

 

Namun kamu akan bisa berhasil, jika kamu siap untuk gagal dan selalu mampu untuk bangkit dari setiap kegagalan tersebut. Jadi pastikan kamu sudah memiliki mental yang kuat untuk membangun bisnis.

 

2. Tak perlu malu dan gengsi

 

Untuk membangun bisnis, kamu harus bisa meninggalkan rasa malu dan gengsi, sebab kamu melakukan pekerjaan yang halal dan tentunya kamu sukai sejak awal. Jadi, jalani semuanya senyaman mungkin, tanpa perlu memikirkan apa pandangan orang tentang bisnis yang kamu jalankan. Meski usaha kita  masih berskala kecil, bisnis ini akan menjadi sesuatu yang kamu banggakan, apalagi jika kelak kamu bisa sukses di bidang tersebut. 

 

3. Jangan cemaskan modal

 

Modal memang penting dalam memulai bisnis, tapi jangan sampai ini jadi alasan kamu untuk tidak pernah memulai. Jika belum memiliki modal yang memadai, kamu bisa meminjamnya kepada kerabat, teman, atau mengajukan pinjaman ke bank/ institusi keuangan, yang kini sudah lebih mudah didapatkan. 

 

 

Itu dia beberapa tips untuk kamu yang ingin coba mulai berbisnis kecil-kecilan. Jangan lupa untuk menikmati setiap proses membangun bisnis ini dengan lebih nyaman, termasuk menghadapi berbagai tantangan yang akan kita temui ke depannya. Selamat berusaha! (Erick)

 

 

 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

148
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.