BISNIS

Tertarik Memulai Usaha Kecil-kecilan Minim Pesaing? 3 Usaha Ini Bisa Dicoba

Buat kamu yang sedang kepikiran untuk membuka usaha kecil-kecilan minim pesaing, coba yuk jenis usaha yang berikut ini yang masih belum banyak pesaingnya. Siapa tahu bisa makin cuan!

Untuk memulai sebuah bisnis selain niat yang kuat, juga diperlukan rencana yang cukup matang. Bahkan meski dalam skala yang lebih kecil, bisnis yang dipersiapkan dengan baik akan berhasil dengan baik pula. Kalau kamu masih bingung mau memulai dari mana, atau mau usaha apa, cek jenis usaha kecil-kecilan yang satu ini.

Daftar usaha kecil-kecilan

Jangan sepelekan peluang usaha rumahan, karena industri rumahan ini sudah terbukti memiliki prospek yang cerah. Cek yang daftar di bawah ini!

1. Bisnis jual beli pakaian bekas

Jangan terkecoh dengan embel-embel bekas yang terkesan murahan. Faktanya bisnis jual beli pakaian bekas atau istilah kerennya thrift shop, kini turut menjadi saluran penghasil cuan. Mereka yang lahir di akhir tahun 90an atau istilahnya Gen-Z, belakangan sangat menggemari segala sesuatu yang bernuansa vintage. Mereka biasanya akan memburu thrift shop untuk mendapatkan style “jadul” ini. Hal paling penting yang harus kamu lakukan untuk memulai usaha ini adalah memperhatikan kualitas dan kebersihan dari pakaian yang kamu jual.

Adapun stok barang-barang untuk thrift shop bisa kamu dapatkan dari pemasok besar yang biasanya menjual secara massive produk-produk fesyen impor dari Amerika, Cina dan Jepang serta beberapa negara lainnya. Produk tersebut digabung dalam kemasan besar berisi berbagai items, mulai dari baju, jaket, celana, hingga aksesoris seperti topi, scarf dan sebagainya. Untuk kamu yang mau memulai usaha kecil-kecilan, bisa melirik industri penjualan pakaian second-hand ini.

Promosi usaha thrift ini paling mudah dan bisa kamu lakukan melalui media sosial. Karena tak dapat dipungkiri bahwa target market kamu adalah mereka yang gemar “pamer” di platform media sosial seperti Instagram dan TikTok. 

2. Bisnis laundri kiloan

Jenis usaha kecil-kecilan yang satu ini bisa kamu lihat tengah menjamur dimana-mana. Jasa pencucian baju atau laundri saat ini menjadi bisnis yang cukup diminati. Kamu bisa memulai usaha ini dengan skala rumahan dengan bermodal 1 atau 2 mesin cuci ukuran besar. Atau kalau mau lebih mudah, kamu juga bisa membuka bisnis laundri dengan paket franchise yang banyak ditawarkan. Namun, ini akan memakan biaya yang lebih besar lagi. 

Kalau kamu penasaran kenapa harus membuka usaha laundri kiloan? Jawabannya adalah karena di tengah perkotaan terutama, banyak orang sibuk yang hampir-hampir tidak sempat untuk sekedar mengurusi pekerjaan rumah seperti halnya cucian. Di sinilah laundri kiloan berperan sebagai solusi aktif yang cukup dibutuhkan. Dengan membuka usaha ini, kamu juga sekaligus membuka kesempatan untuk menghadirkan lapangan pekerjaan untuk orang di sekitar kamu. Karena untuk menjalankan usaha ini setidaknya kamu membutuhkan bantuan 1 atau 2 orang asisten. 

3. Bisnis hantaran pernikahan dan souvenir

Satu lagi usaha kecil-kecilan yang bisa kamu coba, yaitu kreasi untuk hantaran pernikahan dan juga souvenir. Budaya pernikahan di Indonesia masih mengenal yang namanya hantaran. Nah, kebutuhan akan sebuah hantaran yang unik dengan tampilan yang menarik dan hiasan yang cantik, rupanya memunculkan peluang usaha kecil-kecilan yang satu ini. Kamu yang memiliki kemampuan untuk dekorasi sudah tentu cocok dengan jenis usaha ini. Sebagaimana yang kita ketahui, banyaknya hal yang mesti dipersiapkan saat pernikahan membuat para calon pengantin ini memerlukan bantuan orang lain untuk menghias hantaran yang akan mereka bawa. Begitu juga dengan urusan souvenir, tentu saja tak akan sempat bila semuanya harus dilakukan sendiri oleh calon mempelai.

Urusan hias-menghias ini bisa dibilang tidak memerlukan modal besar. Hal utama yang perlu kamu miliki adalah kreativitas tanpa batas dan ide-ide unik agar kreasi hantaran kamu tidak membosankan. Selanjutnya, kamu perlu mempersiapkan beberapa peralatan seperti aneka pita warna-warni, bunga-bunga dekorasi, manik-manik dan berbagai perlengkapan kreasi lainnya. Jangan lupa untuk mendokumentasikan setiap hasil kreasi kamu dan mengunggahnya di media sosial. Selain sebagai portofolio, display ini bisa sekaligus sebagai referensi untuk pelanggan kamu selanjutnya.

Mulai usaha kecil-kecilan tak perlu khawatir   

Usaha besar yang sukses, biasanya dimulai dari usaha kecil-kecilan. Karena itu jangan merasa kecil hati meski usaha yang kamu lakukan dimulai dari langkah yang kecil. Hal terpenting adalah kamu sudah berusaha untuk melangkah ke arah yang lebih baik. Yakin dan percayalah bahwa apa yang sedang kamu perjuangkan saat ini, suatu hari nanti akan berbuah kesuksesan. 

Evaluasi setiap strategi yang kamu terapkan dan jangan takut untuk mengakui kesalahan serta belajar dari hal tersebut. Kamu juga perlu memperhatikan kapasitas dan kemampuan kamu dalam menjalankan usaha. Bila usaha kamu berjalan lambat, jangan keburu menyerah. Cari tahu dan analisa lebih lanjut hal apa yang sekiranya mempengaruhi perkembangan bisnis kamu dan cobalah untuk memikirkan solusinya. Selamat berusaha!

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

75
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.