PARENTING

15 Cara Supaya Anak Cepat Membaca

Membaca buku adalah jendela dunia, namun kemampuan anak untuk bisa membaca dapat berbeda-beda. Berikut 15 cara untuk menstimulasi anak agar bisa cepat membaca.

Memperkenalkan anak ke buku sejak usia dini adalah hal yang baik untuk dilakukan. Semakin dini, semakin baik. Saat anak sudah mulai menunjukkan ketertarikan terhadap buku, momen ini bisa menjadi momen yang tepat untuk mulai mengajari anak membaca. Namun, pastikan bahwa proses pembelajaran sebaiknya dilakukan dengan cara yang tidak membuat anak tertekan, Berikut ini cara supaya anak cepat membaca.

 

Cara supaya anak cepat membaca

Dengan membaca, anak bisa berkunjung ke tempat-tempat yang belum dikunjungi dengan kemampuan imajinasi. Pastikan kamu mengajar tanpa paksaan dan dua arah. 

 

  1. Membaca bersama anak

    Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah membaca buku bersama anaj. Kamu bisa mengajak anak mendengarkanmu membaca buku dan memperkenalkan mereka terhadap buku dan literasi. Kamu juga bisa mengajak anak ke perpustakaan atau toko buku, dan memilih buku yang kira-kira disukai oleh anak. Setelah itu, kamu bisa membaca buku bersama dengan anak-anak.

     
  2. Melibatkan anak saat membaca cerita

    Cara kedua supaya anak cepat membaca adalah menanyakan hal-hal yang akan terjadi pada cerita yang akan dibacakan, misalnya, “Habis ini akan ada kejadian apa ya?” Dengan cara ini, lama-lama anak dapat melihat hubungan antara kata yang kamu ucapkan dengan kata-kata yang tertulis di dalam buku cerita.

     
  3. Mengajari anak mengeja dengan cara alami

    Kamu bisa belajar membaca di berbagai kesempatan. Misalnya saat sedang berjalan-jalan, melihat pamflet, menonton televisi, dan ke mal. Kamu bisa mengajari anak untuk mengeja apapun yang ada di sekitar mereka secara alami.

    Misalnya, saat kamu sedang di lampu merah dan melihat ada rambu jalan dengan tulisan STOP, kamu bisa mengajarkan si kecil untuk membaca tulisan yang ada di rambu tersebut. Atau saat sedang menonton film, dan ada tulisan di layar, kamu bisa mengajak anak mengeja tulisan yang ada. Cara mengajarkan anak supaya cepat membaca satu ini bisa membuat anak memahami huruf yang digunakan untuk menulis kata-kata. Aktivitas belajar membaca juga menjadi hal yang menyenangkan dan dibutuhkan untuk kehidupan ke depannya.

     
  4. Ajari anak bunyi huruf dan cara mengucapkannya

    Membuat anak dapat membaca dengan baik juga bisa dimulai dari memahami bunyi huruf dan cara mengucapkannya. Supaya kamu lebih mudah mengajar membaca, kamu perlu memberi tahu cara membaca masing-masing huruf dan mengenalkan pengucapan gabungan huruf seperti “ny” pada imbuhan -nya dan “ng.”

     
  5. Mengajar dengan menyenangkan

    Bisa jadi, anak merasa bosan sehingga mereka malas untuk membaca. Untuk itu, pastikan kamu mengajari anak dengan cara yang menyenangkan. Misalnya saat kamu berjalan-jalan bersama anak ke supermarket, kamu bisa mengajak mereka menunjuk huruf-huruf yang ada di kemasan.

     
  6. Menggunakan phonetic reading

    Cara selanjutnya,a dalah menggunakan phonetic reading blocks dianggap lebih efektif dibandingkan dengan flash card. Flash card hanya mengajarkan anak menghafal huruf, sedangkan phonetic reading mengajarkan anak untuk menganalisis masing-masing huruf dan susunan kata. Cara ini dianggap menyenangkan dan tidak membuat anak bosan saat melakukannya. 

     
  7. Mengobrol tentang tokoh cerita favorit anak

    Selanjutnya, kamu bisa mengajari anak membaca dengan menanyakan cerita dari buku favoritnya. Belikan buku dengan tokoh-tokoh yang disukai anak. Ketika anak sudah mulai mencoba menmbaca buku, cobalah meminta mereka untuk menceritakan kembali tokoh dan cerita yang ada di buku tersebut.

    Hal ini membantu anak untuk tidak hanya sekadar bisa membaca namun juga memahami apa yang akan dibaca.

     
  8. Ajak anak untuk menulis

    Menulis dan membaca adalah dua kemampuan yang tidak bisa dipisahkan. Belajar menulis dianggap menjadi salah satu cara cepat mengajari anak membaca. Kamu bisa mengajarkan anak menulis menggunakan pensil warna, krayon, dan media apapun supaya mereka mengenal huruf dan angka lebih jauh.

     
  9. Beri label pada benda-benda di rumah

    Dengan memberikan label pada benda-benda di rumah, kamu bisa mempermudah anak belajar mengenal huruf dan cara mengejanya. Tempel label berisi nama benda pada perabotan di rumah seperti kulkas, kursi, meja buku, dan juga kursi. Anak akan belajar cara pengucapan sekaligus cara membaca nama dari masing-masing benda tersebut. Saat anak sudah mengerti cara mengeja, kamu bisa mencopot label dan meminta mereka memasang sesuai dengan nama yang tertulis di label.

     
  10. Buat aktivitas membaca menjadi kegiatan hiburan di rumah

    Salah satu cara yang cukup ampuh adalah menumbuhkan rasa cinta terhadap buku dan literasi. Jadikan membaca sebagai sebuah kebiasaan dan berikan teladan bagi anak bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan.

     
  11. Ajak anak aktif membaca

    Mintalah anak supaya tetap aktif saat sedang membaca. Kamu bisa bertanya mengenai informasi yang telah didapatkan dari buku yang dibaca. Harapannya, anak akan mengingat kembali kata-kata yang telah dipelajari.

     
  12. Mulai dari buku yang mudah dimengerti

    Mulailah dari buku yang memiliki kosakata yang mudah dimengerti dan tidak terlaly tebal. Bila informasi terlalu rumit, anak tidak akan mengerti. Pilihlah buku-buku yang kiranya disukai oleh anak supaya anak bisa mulai membaca.

     
  13. Berinteraksi melalui tulisan di sekitar anak

    Berinteraksilah dengan tulisan yang ada di sekitarmu dan anak. Misalnya saat kamu sedang di pingggir jalan dan tidak sengaja membaca pamflet. Kamu bisa bacakan tulisan tersebut dengan keras sehingga anak mendengar suaramu. Kamu juga bisa memberi tahu huruf pertama dari tulisan yang dibaca. Dari situ, kamu bisa memberikan pertanyaan lanjutan seperti “”Seperti apa bunyi huruf itu?” “Kata lain apa yang dimulai dari huruf itu?”

     
  14. Menggunakan kata yang familiar

    Praktikkan kata-kata yang familiar atau tidak asing di telinga anak. Dengan menggunakan kata-kata yang familiar, kamu bisa lebih mudah dalam belajar membaca. Kata-kata yang familiar di telinga anak meliputi namanya, benda favoritnya, dan makanan kesukaannya.

     
  15. Bersabarlah

    Cara anak cepat membaca yang paling penting adalah kesabaran. Setiap anak memiliki tingkat kecepatannya masing-masing dalam mempelajari sesuatu sehingga kamu sebaiknya membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan, agar mereka tidak kehilangan motivasi.

 

Biasanya, anak bisa membaca pada usia 6-7 tahun. Namun sebagian anak juga sudah menguasai kemampuan ini pada usia 4-5 tahun. Setiap anak memiliki kemampuannya sendiri-sendiri, pilihlah cara supaya anak cepat membaca yang sesuai dengan karakter anakmu, ya. 

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

307
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.