PARENTING

10 Obat Demam Anak Berbahan Alami

Banyak orang tua yang dipusingkan dengan diberhentikannya penjualan obat sirup alias cair di apotik karena kasus gagal ginjal akut pada anak. Simak obat demam anak berbahan alami yang menjadi alternatif untuk anak yang terjangkit penyakit demam.

Banyak orang tua yang dipusingkan dengan diberhentikannya penjualan obat sirup alias cair di apotik. Hal ini merupakan imbas dari 192 kasus gagal ginjal akut yang dilaporkan di Indonesia. Obat sirup kerap diberikan kepada anak-anak untuk meredakan berbagai penyakit, seperti flu, batuk, dan masih banyak lagi. Indonesia memasuki musim hujan dan banyak anak yang mulai terserang berbagai penyakit. Obat demam anak berbahan alami menjadi alternatif yang menjadi pilihan utama bagi banyak orang saat anak terjangkit penyakit.

 

Ada sejumlah obat herbal yang aman untuk anak-anak dengan bahan yang mudah untuk ditemukan. Apa saja? Simak di bawah ini.

 

Beberapa obat demam anak berbahan alami

Demam memiliki beberapa gejala. Misalnya suhu tubuh yang hangat, berkeringan, menggigil, rasa sakit pada tubuh anak-anak, dan juga nafsu makan yang berkurang.

 

Berikut ini beberapa obat demam anak berbahan alami yang sudah dirangkum dari berbagai sumber:

 

  1. Suplemen probiotik

    Dengan mengonsumsi probiotik, demam yang dialami oleh anak bisa berkurang. Probiotik bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bila kamu ingin membantu memperkuat mikrobiota yang ada di usus anak, berikan mereka suplemen probiotik setiap hari, Probiotik alami seperti yogurt, acar, dan kefir efektif sebagai obat demam anak berbahan alami.

     
  2. Susu Kunyit

    Sejak zaman dulu, rempah-rempah dikenal memiliki berbagai manfaat yang baik bagi tubuh. Kunyit dapat meredakan demam pada anak. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh kunyit ke dalam segelas susu hangat. Kurkumin dalam kunyit terbukti bisa memberikan efek anti inflamasi atau anti radang kepada tubuh.

     
  3. Minuman atau jus hijau

    Jus yang terbuat dari buah dan sayur dengan warna hijau terbukti efektif bisa menjadi obat demam anak alami. Ada berbagai cara yang bisa kami lakukan untuk membuat minuman ini, misalnya denan menambahkan jus anggur hijau dengan setengah sendok teh jinten, setengah sendok teh adas, dan setengah sendok teh cendana. Kamu juga bisa membuat jus sayur dengan bahan segenggam daun ketumbar yang ditambahkan ⅓ gelas air, yang diblender lalu disairng. Anak-anak bisa meminum minuman ini sebanyak 2-3 kali sehari.

     
  4. Teh herbal

    Teh herbal tidak memiliki kandungan kafein sehingga aman untuk anak-anak. Teh herbal mampu mengatasi dehidrasi yang rawan terjadi saat anak sedang demam. Dua teh yang menjadi favorit banyak orang sebagai penurun demam adalah teh chamomile dan peppermint. Kamu bisa menambahkan satu sendok teh madu ke dalam teh supaya rasanya lebih enak. Selain itu, madu memiliki khasiat sebagai bahan yang mampu melawan bakteri.

     
  5. Sup Hangat

    Sup hangat bisa menjadi pilihan untuk meningkatkan kadar elektrolit daloam tubuh. Sup panas adalah salah satu obat demam anak alami yang dipercaya dari waktu ke waktu. Sup tidak hanya memiliki vitamin dan mineral penting, namun juga mudah dicerna oleh anak. Kamu bisa membuat sup sendiri di rumah dengan bahan-bahan alami. Jangan membeli sup instan karena bahan-bahannya mengandung bahan kimia yang tidak bermanfaat bagi tubuh. Yuk cek ponselmu, banyak sekali resep sup yang mudah dan sehat untuk dibuat di rumah.

     
  6. Mengompres tubuh dengan air dingin

    Mengompres dengan air hangat dianggap bisa meredakan demam, padahal hal ini salah. Mengompres dengan air dingin telah terbukti secara medis dapat menurunkan demam. Kompres air dingin dilakukan untuk menurunkan suhu tubuh secara signifikan. Kamu bisa menambahkan 2 sendik makan cuka sari apel ke dalam 4 sendok makan air dingin. Cuka memiliki manfaat sebagai penghilang panas. Bahan-bahan ini bisa dicampurkan, untuk kemudian menjadi celupan kain yang digunakan untuk mengompres anak.

     
  7. Air kelapa

    Demam bisa membuat dirimu berkeringat karena tubuh terus bekerja untuk mendinginkan suhu. Tubuhmu juga bisa kehilangan cairan dan mengalami dehidrasi. Dehidrasi saat demam adalah hal terakhir yang ingin dirasakan oleh semua orang. Berikan air kelapa sebagai pertolongan pertama supaya kadar elektrolit dalam tubuh bisa segera naik.

     
  8. Cuka apel

    Cuka sari apel adalah salah satu obat kuno yang biasa digunakan untuk meredakan demam. Kamu bisa merendam kain lap di dalam cuka sari apel yang diencerkan dengan perbandingan 1:2 dengan air.
    Pengompresan dahi dan perut bisa membuat demam cepat turun. Kamu juga bisa menambahkan secangkir cuka sari apel ke dalam bak mandi hangat untuk berendam.

     
  9. Minyak aromaterapi

    Banyak minyak aromaterapi yang terbukti dapat menurunkan demam secara alami pada anak. Misalnya lavenderthyme, rosemary, ekaliptus, dan sage. Kamu cukup meneteskan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air dingin dan merendam lap ke dalam campuran tersebut. Setelah itu, letakkan lap di dahi anak supaya anak bisa mengalami pendinginan dan relaksasi. Kamu juga bisa mencampurkan beberapa tetes minyak peppermint dan kelapa, lalu gosokkan di bagian bawah kaki dan leher anak.

     
  10. Istirahat yang cukup

    Yang terpenting, lakukan istirahat yang cukup supaya anak bisa cepat pulih. Kurang tidur bisa memberikan efek yang tidak baik bagi kesehatan. 

 

Itulah 10 obat demam anak alami. Bila suhu mencapai lebih dari 38 derajat, sebaiknya kamu segera ke dokter, ya.

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

107
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.