KRIYA

10 Kerajinan Tangan Asli Indonesia Ini Sudah Mendunia, Lho!

Ini kerajinan tangan yang dibuat oleh anak bangsa dan sudah mendunia. Nggak kalah bagus dengan brand internasional, lho!

Banyak sekali kerajinan tangan yang dibuat oleh orang lokal terkenal hingga kancah dunia. Produk-produk yang dibuat ini memiliki kualitas yang tidak kalah bagus bila dibandingkan dengan brand internasional. Beberapa di antaranya dibuat dengan teknik tradisional dengan jangka waktu pengerjaan yang lama. Kita patut berbangga atas hal ini, kan?

Ini adalah beberapa kerajinan lokal nusantara yang sudah mendunia!

Kerajinan tangan buatan Indonesia yang sudah mendunia

Sudah sangat banyak kerajinan tangan khas Indonesia yang sudah menembus luar negeri. Yuk cek beberapa contohnya!
 

  1. Souvenir kulit



    Salah satu kerajinan tangan buatan Indonesia yang diakui kualitasnya hingga Eropa adalah produk souvenir kulit. Kerajinan berupa souvenir ini dibuat menggunakan kulit sapi, domba, hingga buaya. 

    Ada berbagai sentra produksi kulit yang terkenal di Pulau Jawa, misalnya Bogor, Garut, dan Magetan. Berbagai produk kulit yang ready to wear seperti jaket, tas, dan sepatu diproduksi oleh kota-kota ini. Produksinya ada dua macam, yakni menggunakan mesin ataupun handmade. Harganya bervariasi, mulai dari puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah tergantung jenis, model, dan pengerjaan dari souvenir. Biasanya, handmade akan dibanderol dengan harga yang jauh lebih tinggi.
     
  2. Anyaman



    Indonesia sudah terkenal atas kerajinan anyamannya, terutama anyaman yang berbahan dasar bambu. Anyaman ini seringkali ditemukan dalam berbagai bentuk, mulai dari tudung saji hingga bakul. Selain berbahan bambu, anyaman juga dapat dibuat dari material lain seperti daun lontar, rotan, pandan, dan kulit binatang. Setiap bahan biasanya menghasilkan bentuk kerajinan tangan yang berbeda. Anyaman juga bisa digunakan sebagai hiasan ruangan dan cocok sebagai pemanis!
     
  3. Wayang



    Wayang termasuk salah satu kesenian yang digemari di kancah internasional. Jenis wayang sangat beragam, mulai dari wayang kulit, golek, klitik, hingga beber. Tidak sedikit orang yang menjadikan wayang sebagai hiasan ruangan. Rumahmu langsung kental dengan nuansa etnik.

    Wayang sudah ada sejak abad ke-1 dan kisahnya banyak menceritakan peristiwa dalam kitab Hindu seperti Mahabharata. Wayang juga digunakan sebagai salah satu sarana penyebarran agama di pulau Jawa. tidak hanya itu, wayang juga digunakan oleh misionaris Yesuit untuk menyebarkan ajaran Katolik di Pulau Jawa, lho.
     
  4. Ukiran kayu

    Indonesia sangat unggul akan kualitas kayunya karena tumbuh di negara yang tropis. Para pengrajin kayu lokal memiliki kemampuan yang dikenal lihai dalam menciptakan kerajinan ukiran kayu terbaik. Berbagai kerajinan kayu seperti kaligrafi, patung, dan relief telah diekspor ke seluruh dunia. Adapun jenis kayu yang biasa digunakan untuk ukiran adalah kayu jati, cendana, mahoni, eboni, dan balsa.

    Ukiran kayu mulai berkembang di Jepara sejak masa Kerajaan Kalinyamat, pada masa pemerintahan Sultan Hadlirin dan ayah angkatnya yang bernaam Tjie Hwio Gwan. Pengaruh budaya Tiongkok bisa kita lihat di beberapa ukiran Jepara seperti ukiran di Masjid Astana Mantingan.
     
  5. Batik

    Ada dua jenis batik yang ada di Indonesia menurut cara pembuatannya. Ada batik tulis dan juga batik cap. Batik telah masuk warisan budaya UNESCO per 2 Oktober 2009. Banyak sekali selebritas papan atas dan juga dunia yang mengenakan batik di karpet merah, lho. Batik juga dapat dibedakan menurut asalnya, misalnya batik mega mendung asal Cirebon dengan motif langit dan awan serta batik parang khas Yogyakarta dengan motif huruf S.

    Batik sudah ada sejak zaman Majapahit, sejak agama islam sedang tersebar di Pulau Jawa. Pada awalnya memang batik hanya digunakan oleh kalangan tertentu seperti keraton, dan tiap motif hanya boleh digunakan oleh kalangan tertentu. Namun, saat ini semua orang bisa memakai motif yang mereka sukai dan penggunaannya tidak terbatas untuk pakaian namun juga berbagai barang seperti tas, daster, tempat pensil, dan masih banyak lagi.
     
  6. Gerabah

    Selanjutnya, ada gerabah. Gerabah adalah kerajinan tangan dari tanah liat yang dibakar dan dibentuk. Wujudnya beragam, tapi kebanyakan berupa peralatan dapur seperti kendi dan tempayan. Setiap daerah juga memiliki jenis kerajinan gerabah yang berbeda, misalnya di Yogyakarta yang dikenal dengan gerabah rumah tangga seperti kendi dan cobek, dan Papua yang dikenal dengan gerabah bertekstur tidak halus dan dihiasi dengan motif cantik ala Sentani.
     
  7. Keramik

    Keramik dan gerabah memang sama-sama berbahan baku tanah liat, namun memiliki proses pengolahan yang berbeda. Bila gerabah dibakar menggunakan tungku dengan suhu di bawah 1000 derajat celciius, keramik dibakar dengan suhu lebih dari 1200 derajat celcius. Bobot gerabah juga jauh lebih berat bila dibandingkan dengan keramik. Pengecatannya dilakukan setelah pembakaran sehingga keramik terlihat lebih halus dan mengkilat.
     
  8. Kain tenun

    Kain buatan tangan ini adalah salah satu kerajinan tangan yang paling digemari karena motifnya yang unik. Semuanya memiliki motif, warna, dan karakteristik yang berbeda. Kain tenun juga digunakan sebagai pakaian dan memiliki fungsi sebagai penutup tubuh seperti diselempangkan di bahu, kepala, dan masih banyak lagi. Tenun juga memiliki berbagai fungsi, mulai dari fungsi sosial, agama, ekonomi, maupun estetika. 
     
  9. Patung

    Patung merupakan tiruan benda yang ada di sekitar kita dengan bahan baku seperti batu, kayu, logam, atau kaca yang dibuat dengan cara dipahat. Ada banyak patung yang bisa kita jumpai di Indonesia seperti patung imajinatif, abstrak, hingga patung kedaerahan. Jenis-jenis patung ini bisa kamu temukan di galeri seni dengan mudah.
     
  10. Kerajinan Batu

    Topeng sering digunakan sebagai aksesoris di acara-acara daerah, misalnya untuk kesenian tradisional. Warna, bentuk, dan ekspresi digunakan dengan tujuan menunjukkan watak seseorang.
     
  11. Kerajinan Logam

    Kerajinan batu menjadi salah satu kerajinan tangan yang banyak peminatnya. Kerajian batu memiliki banyak peminat, misalnya untuk kebutuhan rumah tangga seperti cobek, guci, lampu taman, dinding, air mancur, hingga pigura foto. Batu juga bisa dibentuk menjadi patung kecil hingga besar. Tidak percaya? Kamu bisa cek berbagai ukiran dan stupa di candi. Menarik kan?
     

Di mana kita bisa membeli kerajinan ini?

Kamu bisa membeli berbagai kerajinan ini baik melalui ecommerce ataupun pusat oleh-oleh seperti Malioboro dan sentra tradisional lainnya. Gunakan kemampuan menawarmu supaya kamu memperoleh harga terbaik dengan kualitas yang terbaik.

Itulah beberapa kerajinan tangan Indonesia yang sudah mendunia. Kamu sudah memiliki kerajinan yang mana?

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

39
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.