SEJARAH DAN BUDAYA

10 Budaya Terkenal Indonesia Yang Disukai Masyarakat Luar Negeri

Indonesia terkenal akan budayanya yang sangat beragam. Banyak sekali budaya Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara dan diakui oleh dunia. Yuk simak budaya Indonesia apa saja yang terkenal di mancanegara.

Indonesia terkenal akan budayanya yang sangat beragam. Banyak sekali budaya Indonesia yang terkenal hingga ke mancanegara dan diakui oleh dunia. Beberapa budaya Indonesia yang terkenal di mancanegara adalah:

Budaya Indonesia yang terkenal

Banyak sekali budaya Indonesia yang sudah dikenal masyarakat luar negeri, mulai dari kain, tarian, bahasa, dan masih banyak lagi. Yuk simak satu per satu!

 

  1. Tari Kecak

    Tari Kecak merupakan tarian asli Bali yang sudah terkenal di seluruh dunia. Sendratari ini ditampilkan oleh banyak orang dan ada unsur drama di dalamnya. Tarian ini termasuk sendratari dan menampilkan tokoh perwayangan seperti Rama dan Sinta. Tarian ini juga mempertontonkan kekebalan fisik para penarinya yang tidak terbakar api. Tarian ini juga digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat Hindu di Bali. Teriakan “cak cak ke cak cak ke” sebagai pengiring, hal ini menyebabkan budaya Indonesia satu ini terkenal sebagai Tari Kecak.

     
  2. Tari Pendet

    Bali adalah destinasi wisata utama Indonesia dan sudah mendunia. Tarian yang dibawakan oleh wanita ini dipertunjukkan sebagai kegiatan pemujaan di Pura. Saat ini, Tari Pendet berkembang menjadi tari penyambutan atas turunnya Dewa ke dunia dan penyambutan tamu sebagai tarian selamat datang.

    Tari Pendet bisa ditarikan oleh semua orang, baik pria, wanita, orang dewasa, dan juga gadis. Tarian ini tidak membutuhkan pelatihan intensif, diajarkan dengan mengikuti gerakan dan jarang dilakukan di desa. 

     
  3. Wayang

    Wayang berasal dari bahasa Jawa yang berarti bayangan, dan ditampilkan di Jawa dan Bali. Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2003 dan terkenal ke seluruh dunia. Banyak sekali orang asing yang tertarik untuk belajar memainkan wayang. Wayang adalah pertunjukan yang dimainkan oleh dalang yang diiringi dengan musik gamelan dan suara pesinden. Biasanya, kisah yang diceritakan dalam pertunjukan wayang adalah kisah Petruk, Semar, Gareng, dan Bagong.

     
  4. Angklung

    Alat musik kesenian tradisional asal Jawa Barat ini telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai bagian dari warisan dunia pada tahun 2011. Alat musik ini terbuat dari bambu. Angklung terdiri dari dua atau lebih batang bambu dengan berbagai ukuran sesuai dengan kebutuhan tinggi rendahnya nada yang dibentuk menyerupai alat musik calung. Angklung dimainkan dengan cara digoyang hingga menghasilkan suara atau bunyi.

     
  5. Keris

    Familiar dengan senjata pusaka yang biasa digunakan oleh anggota kerajaan? Namanya keris, saat ini digunakan sebagai simbol budaya. Di zaman dahulu, keris dipercaya memiliki kekuatan magis. Senjata ini mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai Masterpiece of the Oral and Intangible Heritage of Humanity pada tahun 2005. Digunakan sejak abad ke 9, terbuat dari logam. Gagang keris terbuat dari tulang belulang, kayu, atau tanduk binatang.

     
  6. Tari Saman

    Tari Saman adalah tarian yang berasal dari Gayo, Aceh. Tarian ini termasuk dalam daftar warisan budaya tak benda yang memerlukan perlindungan mendesak pada tahun 2011. Tari Saman menampilkan gerak tepuk tangan tanpa ada pergeseran dan liak-liuk anggota tubuh lain. Tarian ini ditampilkan dalam peristiwa-peristiwa penting dalam adat daerah setempat. Syair dalam tari Saman menggunakan campuran bahasa Arab dan bahasa Gayo.

     
  7. Reog Ponorogo

    Budaya asal Ponorogo, Jawa Timur ini adalah salah satu kesenian tradisional berupa tarian, Pementasan Reog Ponorogo tidak memiliki skenario tarian yang pasti dan paten. Biasanya seniman Reog mementaskan berdasarkan adegan yang telah dpelajarinya dengan tambahan gerak mengayun-ayunkan bagian kepala reog. Pemain reog mengenakan topeng berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak dengan berat sekitar 50-60 kg.

     
  8. Sendratari Ramayana

    Sendratari Ramayana adalah gabungan dari pementasan tari dan drama tanpa dialog yang diangkat dari kisah pewayangan Ramayani. Sendratari ini pertama kali dipentaskan di Candi Prambanan pada 1961. Pementasannya berada di panggung terbuka dengan panorama Candi Prambanan. Sendratari Ramayana yang merupakan salah satu budaya terkenal Indonesia ini ditampilkan oleh 200 penari profesional dan musisi lokal. Sendratari Ramayana juga diceritakan di relief pada Candi Siwa. Pwetunjukan ini dilakukan pada malam hari, pukul 19.30 sampai 21.30. Salah satu pelatih Sendratari Ramayana adalah RT Atmokesowo yang merupakan ahli tari di Surakarta. Sejak tampilnya penari muda dari Akademi Seni Tari Indonesia (ASTI) Yogyakarta, perlahan pengaruh gaya Yogyakarta dan daerah lain masuk dalam sendratari ini. Ada tiga gaya tari yang ada adalam sendratari ini yakni gaya Prambanan, Surakarta, dan juga Yogyakarta. 

     
  9. Batik

    Batik adalah salah satu budaya terkenal dari Indonesia yang sudah dikenakan masyarakat di mancanegara. Biasanya dikenakan sebagai pakaian formal, namun sekarang juga bisa dipakai untuk acara informal. Batik dibuat dengan cara yang unik, yakni dengan menuliskan lilin panas menggunakan canting. 

    Teknik seni kain yang mirip bisa ditemukan di berbagai kebudayaan di dunia seperti Nigeria, Tiongkok, India, Malaysia, dan Sri Lanka. Batik di Indonesia memiliki berbagai corak, pola, dan kualitas pengerjaan yang berbeda antara satu dan lainnya. Batik dianggap sebagai ikon budaya penting di Indonesia.

    Ada tiga teknik yang biasa digunakan dalam membuat batik yakni batik tulis, cap, dan juga lukis. Batik dibuat di jawa,Sumatera, Maluku, Nusa Tenggara, dan Papua. 

     
  10. Tari Barong

    Tari Barong adalah tarian Bali yang ada sejak peradaban kebudayaan pra Hindu. Tarian ini merupakan penggambaran pertarungan antara kebaikan dan kejahatan. Barong adalah lambang kebaikan, melawan Rangda sebagai simbol kejahatan.

    Menurut budaya Bali, kebaikan dan keburukan selalu hidup berdampingan atau sebagai Rwa Bhineda. Kata Barong berasal dari kata bahruang yang berarti beruang. Namun, ada pendapat yang menyatakan bahwa kata Barong berasal dari bahasa Jawa Kuno. Barong adalah binatang mitos, perwujudan dari binatang ajaib, binatang suci, dan penciptaan dari nilai-nilai religius.
     

Dari 10 budaya terkenal Indonesia yang ada di atas, yang mana yang menjadi favoritmu?

Suka dengan Artikel ini? Jangan Lupa beri likes dan share ke temanmu

110
0
Simpan
Share

Komentar

Belum ada komentar

(*) Berkomentarlah secara bijaksana
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.